14
Sep

Taiwan Menjajaki Pertukaran SDM dengan BKN

Jakarta – Humas BKN, Direktorat Jenderal Administrasi Personalia Republik China berkunjung untuk menjajaki mengenai pertukaran SDM dengan BKN, serta membahas tentang Pusat Pengembangan ASN di BKN dan sistem personalia pemerintah Taiwan. Hal itu disampaikan Ketua Delegasi dari Taiwan Lee Chung Feng di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Rabu (13/9/2017).

“Karena di Asia, negara Indonesia dan China cukup dekat, maka  kami berfikir untuk memulai pertukaran SDM, mempromosikan destinasi wisata, dan meningkatkan aktivitas perekonomian kita. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mendirikan sistem personalia pemerintah yang terkait antara Indonesia dan Taiwan”, ungkap Lee Chung Feng.

Aris(kiri) dan Lee Chung Feng(kanan). (foto: sugeng)

Aris(kiri) dan Lee Chung Feng(kanan). (foto: sugeng)

Selanjutnya pihak delegasi Taiwan Lin Yen Tseng juga membahas sistem personalia pemerintah Taiwan yang dibagi menjadi tiga, yaitu tentang Organisasi Pemerintah dan Pelayanan Sipil, Sistem Personalia Pemerintah, dan Tujuan dari Pemerintah Taiwan.

Kemudian Aris Windiyanto selaku Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian menjelaskan tentang beberapa layanan untuk pegawai negeri sipil, seperti Sistem CAT, Assessment Center, Training & Development Center, Sistem Aplikasi Pengolahan Data ASN, dan mengenai SSCN di BKN.

Dalam pertemuan delegasi tersebut Kapus Pengembangan ASN Ahmad Jalis juga  memaparkan mengenai Pusat Pengembangan ASN yang meliputi seputar pengelolaan pegawai negeri sipil, fungsi BKN dan fungsi Pusat Pengembangan ASN BKN, program-program BKN, fasilitas dan aktivitas dari BKN, serta rancangan eloktronik pengembangan pegawai negeri sipil.

Apresiasi yang mendalam diberikan Lee Chung Feng kepada pihak BKN yang telah mengatur pertemuan delegasi antara Taiwan dan Indonesia. Diharapkan pertemuan ini dapat menjalin kerjasama dan hubungan baik antara BKN dengan Direktorat Jenderal Administrasi Personalia Republik China. Julia/Amal