17
Jul

Tak Rampungkan Proyek Perubahan, Kelulusan Dua Peserta Pelatihan Kepemimpinan Ditunda

DSC_0174

Kepala BKN dan Kepala Pusbang ASN foto bersama dengan peserta pelatihan kepemimpinan tingkat III dan IV Tahun 2017. Sugeng Humas

Bogor -Humas BKN, Sedikitnya 2 (dua) peserta Pelatihan Kepemimpinan tingkat III dan IV Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengalami penundaan kelulusan. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN Ahmad Jalis saat memberikan laporan penyelenggaraan pada Acara Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan IV Tahun 2017 di Gedung Serba Guna Pusat Pengembangan ASN BKN, Ciawi, Jumat (14/7/2017).

Ahmad Jalis melanjutkan, alasan dari ditundanya kelulusan 2 (dua) peserta didik yang berasal dari 1 (satu) peserta didik kepemimpinan tingkat III dan 1 (satu) peserta didik kepemimpinan tingkat IV, dikarenakan tidak mampu menyelesaikan proyek perubahan sesuai dengan yang dipersyaratkan. Merujuk pada Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) nomor 19 tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat III dan nomor 20 tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV, peserta didik diharuskan menyelesaikan seluruh ketentuan yang diamanatkan oleh peraturan tersebut.

DSC_0283

“Jadi merujuk pada aturan tersebut, dengan sangat menyesal kami sampaikan 2 (dua) peserta ditunda kelulusannya. Selanjutnya diberikan waktu hingga 3 (tiga) bulan ke depan untuk menyelesaikan (proyek perubahan), sehingga bisa mendapatkan (sertifikat) kelulusan,” terangnya di hadapan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dan sejumlah Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh peserta didik kepemimpinan yang hadir.

Kemudian Ahmad Jalis mengatakan, dari total 105 peserta yang mengikuti pelatihan, terpilih peserta-peserta terbaik dari tiap angkatan. “Pemilihan peserta-peserta terbaik didasari dari penilaian sisi proyek perubahan, integritas, dan prilaku. Dipantau langsung oleh coach dan penyelenggara dan evidence based,” terangnya.

Adapun nama-nama peserta terbaik, sebagai berikut:

Pelatihan kepemimpinan tingkat III

  1. Wahyu, asal Biro Keuangan BKN Pusat;
  2. Janry Haposan UPS, asal Direktorat Kompensasi ASN BKN Pusat;
  3. Heni Sri W., asal Direktorat Pengolahan Data Kepegawaian BKN Pusat;
  4. Johana N. W, asal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia; dan
  5. Wahid Irawan, asal Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pelatihan kepemimpinan tingkat IV Angkatan I

  1. Baiq Maptulah, asal Kantor Regional X BKN Denpasar;
  2. Rianty N., asal Kantor Regional III BKN Bandung; dan
  3. Dwi Sundari, asal Kantor Regional III BKN Bandung.

 Pelatihan kepemimpinan tingkat IV Angkatan II

  1. I Ketut Buana, asal Kantor Regional X BKN Denpasar;
  2. Didi Karyadi, asal Pusat Pengembangan ASN; dan
  3. Juwardi, asal Kantor Regional III BKN Bandung.

Widyaiswara Madya Pusbang ASN Aris Mutoyo, yang menjadi salah satu pengajar pada pelatihan kepemimpinan kali ini mengatakan, jika perbedaan kurikulum pada pelatihan kali ini ada pada hal koordinasi dan kolaborasi. “Atasan langsung sebagai mentor, otomatis terlibat dalam rencana kerja. Selain itu, proyek perubahan menuntut proyek leader, dalam hal ini peserta, untuk melakukan koordinasi”. berry