09
Feb

“Tangkal Penyebaran Berita Hoaks, Bangun Citra Positif Pemerintah “

Surabaya-Humas BKN, Memeringati Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2019, Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) mengadakan Government Public Relation (GPR) Summit dengan mengangkat tema Sinergi Pers dan GPR dalam Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Acara berlangsung di Hotel Majapahit 7- 8 Januari 2019 dan dihadiri oleh sejumlah Pranata Humas dari berbagai wilayah di Indonesia.

Hadir pula dalam acara tersebut Sekretaris Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang merangkap Plt Dirjen IKP Kemenkominfo Rosarita Niken Widyastuti, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jatim Aries Agung Paewai dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Yuliandre darwis.

Niken dalam sambutannya menyatakan pentingnya menangkal penyebaran berita hoaks guna membangun citra positif Pemerintah maupun di luar Pemerintah. “GPR harus mampu merealisasikan komunikasi 4.0, di mana setiap program-program Pemerintah harus dapat dikomunikasikan, diedukasi dengan mengreasikan konten semenarik mungkin sebelum dipublikasikan ke masyarakat,” tambah Niken. Pada kesempatan yang sama Aries Agung Paewai juga menekankan pentingnya peran humas sebagai tonggak utama dalam Pemerintahan, “Bersinergilah dengan media untuk mewujudkan GPR yang andal,” pesan Aries.

Sementara itu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Yuliandre Darwis berpesan untuk seluruh Pranata Humas se-Indonesia untuk selalu menyinergikan langkah dengan kalangan media dengan menciptakan inovasi, seperti halnya media main stream bertahan di era digitalisasi saat ini dengan memanfaatkan industri e-commerce. Di bagian lain, Ketua Iprahumas Dyah Rachmawati Sugiyanto pada kesempatan itu meresmikan peluncuran website iprahumas.id. “Kelebihan website ini adalah terdapat fitur yang dapat menyaring berita hoaks yang diharapkan dapat bermanfaat mempersempit penyebaran berita palsu. dey/don