09
Jul

Targetkan Pengukuran Kinerja Lebih Obyektif, Direktorat Kinerja BKN Gelar Workshop Penilaian Perilaku Metode 360 Derajat

Jakarta, Humas. Direktorat Kinerja ASN BKN menggelar Workshop Penilaian Perilaku Kerja Dengan Metode 360 Derajat, Senin (9/7/2018) di The Park Hotel, Cawang, Jakarta Timur.

Direktur Kinerja ASN, Neny Rochyany saat membacakan sambutan Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN mengatakan berdasarkan PP Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, saat ini penilaian perilaku kerja PNS masih didasarkan pada penilaian atasan semata. “Pendekatan ini belum efektif dan obyektif dalam implementasinya mengingat belum adanya parameter yang jelas dalam melakukan penilaian perilaku kerja PNS sehingga memunculkan penilaian yang subyektif bagi PNS”. Untuk itu, sambung Neny, rancangan penilaian kinerja PNS sebagai pengganti PP Nomor 46 Tahun 2011 penilaian prestasi kerja tersebut telah diubah menjadi penilaian kinerja PNS dengan metode 360 derajat yang dilakukan dengan survei tertutup.

Lebih lanjut Neny mengatakan penilaian perilaku kerja dengan metode 360 derajat tersebut bertujuan untuk mendapatkan penilaian yang lebih lengkap terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja PNS dengan sudut pandang yang berbeda. “Melalui metode ini diharapkan dapat diperoleh hasil penilaian kinerja yang lebih obyektif, terukur, akuntabel dan transparan”.

Dalam Buku Panduan E-Perilaku 360 Derajat yang diterbitkan oleh Direktorat Kinerja ASN BKN dijelaskan bahwa aplikasi E-Perilaku 360 Derajat adalah aplikasi untuk menilai dan mengukur perilaku yang dinilai oleh atasan, teman/peer dan bawahan (360 derajat) dengan menggunakan survei tertutup sehingga lebih obyektif. Penilaian perilaku mencakup 6 Aspek yaitu orientasi pelayanan, integritas, kerjasama, disiplin, komitmen dan kepemimpinan. Masing-masing Aspek memiliki kuesioner yang telah disiapkan pada aplikasi untuk dijawab oleh penilai. dep/ary