13
Nov

UPT Sorong Resmi Berdiri, BKN Siap Kawal Pembinaan ASN Papua Barat

Untuk mempercepat layanan kepegawaian di Provinsi Papua Barat, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kabupaten Sorong yang berlokasi di Gedung/Bangunan Eks Dinas Pertanian Tanaman Pangan Milik Pemerintah Kabupaten Sorong di Jalan Pemda Distrik Aimas, Kompleks Kantor Pemerintah Daerah, Kelurahan Aimas, Distrik Aimas, Km 24 Kabupaten Sorong.

Penggunaan gedung itu sebagai UPT BKN didasarkan pada Perjanjian Pinjam Pakai antara Pemkab Sorong dan BKN yang tertuang dalam surat Nomor: 030/448/2017 dan Nomor: 22/A/KS/2017 Tanggal 20 Mei 2017. Peresmian akan dilakukan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Selasa, 14 November 2017 Pukul 09.00 WIT.

Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan, Senin (13/11/2017), menjelaskan UPT BKN Sorong merupakan UPT ke-10 yang didirikan pada kurun waktu tahun 2016-2017. Berdirinya UPT BKN, selain untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara BKN dan Pemkab Sorong, juga akan membantu Pemerintah  dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah, khususnya dalam pembinaan teknis pengelolaan manajemen ASN di wilayah kerja Provinsi Papua Barat. Fungsi utama UPT BKN di antaranya memfasilitasi pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN). UPT BKN juga menyediakan fasilitas Assessment Center yang digunakan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi ASN seperti Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi.

Sementara itu Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti menyampaikan bahwa UPT merupakan cikal bakal pengembangan organisasi yang lebih besar yang nantinya juga akan memberikan layanan kepegawaian selain fasilitasi berbasis CAT dan Assessment Center. “Kehadiran kesepuluh UPT BKN itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian di seluruh Indonesia, serta mempermudah sinergi BKN dengan seluruh komponen kepegawaian di daerah”. des