07
Feb

Awalnya Sih Deg-degan..

Assalamualaikum Wr.Wb

PKL di Badan Kepegawaian Negara memang sangat menyenangkan. Pegawainya ramah-ramah dan pekerjaannya juga tidak berat, sangat menyenangkan. Sebelumnya perkenalkan nama saya Umniatul Azizah, saya berasal dari prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Saya sekarang masuk semester 6. Saya akan menceritakan bagaimana rasanya PKL di Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini. Awalnya sebelum saya memutuskan untuk PKL disini, saya mau PKL di ASABRI kebetulan sebelahan sama BKN ini. Tapi dengan pertimbangan yang lumayan panjang, saya memutuskan untuk pkl di BKN saja . kenapa? Karena saya pikir di BKN kan di instansi pemerintah dan juga pasti akan menyenangkan dan mendapat pengalaman yang pastinya tidak akan terlupakan.

Hari pertama saya PKL, awalnya sih deg-degan , takut , campur aduk karena saya belum pernah merasakan yang namanya PKL sebelumnya (karena dulu saya SMA bukan SMK). Namun saya tetap memberanikan diri untuk masuk di BKN, tepat nya di Gedung II Bagian Kepegawaian. Kemudian setelah saya masuk, saya bertemu bu Ani, bu ani kemudian mengarahkan saya ke gedung humas bagian POLIKLINIK KOPRI. Nah setelah itu saya di perkenalkan dengan yang namanya Pak taufik, Bu Yeni, Bu Teti dan Pak Seto. Kemudian saya di suruh bu ani untuk PKL di sini (POLIKLINIK KOPRI) bagian adminnya yaitu tempat pendaftarannya.

Setelah itu, saya di ajarkan oleh bu Yeni mengenai cara mengambil file pegawai yang ingin berobat, berhubung file sangat banyak lebih dari 1600 file, maka file tersebut diberi nomor file nya supaya ketika saya mengambil tidak bingung. Bu yeni sangat baik sekali, dan juga ramah.

Kemudian selanjutnya bu Teti menerangkan bagaimana input data pegawai yang ingin berobat. Awalnya pegawai yang ingin berobat harus menuliskan nama beserta NIP baru nya kemudian saya yang akan menginput data nya dengan memasukkan NIP barunya dan memilih apa yang di keluhkan misalnya mau periksa ke UMUM berarti di database nya kita masukkan periksa ke UMUM, atau misalnya mau periksa ke GIGI , jadi kita input di database nya ke GIGI seperti itu.

Kemudian pak Taufik mengajarkan saya bagaimana cara membuat laporan harian dan mingguan. Yaitu dengan membuka database yang ada di komputer, kemudian memilih tanggal berapa yang mau dibuat laporan , kemudian pilih diagnosa dokter kemudian saya mencatat penyakit apa saja yang ada di database dan berapa jumlahnya . Kemudian untuk laporan mingguan, saya menjumlahkan semua dari hari senin sampai jumat apa saja penyakit yang ada dan berapa pegawai atau keluarga pegawai yang berobat.

Kemudian Pak Seto mengajarkan bagaimana caranya mendaftarkan bagi para pegawai non-PNS (CS, OB, PIK, satpam, Secwan, dll) dan para pensiunan yaitu dengan menanyakan namanya kemudian saya cari nomor urutnya di database dan setelah ketemu nomor urutnya , saya mencari tumpukkan file yang ada di raknya.

Pokoknya para pegawai yang ada di POLIKLINIK KORPRI ini sangat baik-baik semua. Mereka mengajarkan apa saja hal yang belum pernah saya pelajari di bangku perkuliahan. Slain itu juga mereka memberikan saya motivasi-motivasi yang sangat berharga dan bermanfaat untuk saya kedepannya. Jadi saya disini PKL selama satu bulan sangatlah tidak terasa karena PKL disini sangatlah menyenangkan dan tidak membosankan. Pemikiran saya sekarang, ingin sekali seperti mereka menjadi PNS yang sukses dan ramah terhadap semua orang.

Sebenarnya saya ingin berlama-lama disini, namun apalah daya saya harus meneruskan kuliah saya karena saya tidak mungkin terus-terusan PKL disini meskipun itu menyenangkan.

Kesan-kesan terakhir saya di BKN khususnya di POLIKLINIK KOPRI ini, saya sangat senang bisa di terima PKL ini, saya sangat bangga bisa bergabung dengan orang-orang yang sukses dan ramah ini, ini merupakan pengalaman yang sangat luarbiasa dan tidak akan pernah saya lupakan .

Terima kasih buat Bu Yeni, Bu Teti, Pak Taufik dan Pak Seto buat semuanya. Kalian sangat luar biasa. Dan terima kasih buat Bu Ani dan Pak Rukmana sudah menerima saya PKL di sini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

umni

Penulis: Umniatul Azizah (Baju Hijau), Mahasiswi Jurusan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.