08
Mar

Pertemanan membawa berkah

Sebelum saya menceritakan kegiatan saya selama magang di Kantor Arsip Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia yang berada di Jakarta, saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama lengkap saya Fikri Sutrisna Akmal atau bisa dipanggil Fikris. Saya mahasiswa semester 1 Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelumnya, saya mengetahui informasi sedang dibukanya kesempatan magang di Kantor Arsip BKN dari teman saya.

Ini semua berawal dari tugas observasi mata kuliah pengantar kearsipan. Dosen mata kuliah tersebut memberikan tugas kepada saya dan teman-teman jurusan saya untuk dapat melihat langsung kegiatan pengelolaan arsip di sekolah, lembaga-lembaga pemerintah ataupun lembaga milik pihak swasta. Kebetulan kelompok teman saya Sarah dan Fiqh mengunjungi kantor arsip BKN yang berada di Jalan Letjen Sutoyo RT.4/RW.14 No.12, Cililitan, Kramatjati, Kota Jakarta Timur. Saat mereka melaksanakan observasi mereka sempat berbincang dengan Bapak Irianto yang menemani mereka selama berkeliling di kantor arsip BKN. Dari beliau mereka mendapatkan informasi tentang dibukanya kegiatan magang di tempat tersebut. Saya pun mengajak dua teman saya yang lain yaitu Fiqh, Ridho dan Shifa. Akhirnya kami memutuskan untuk ikut kegiatan tersebut dan membuat surat pengantar ke kantor arsip BKN. Kami meminta surat tersebut kepada ketua jurusan kami. Dalam satu hari surat itupun selesai kamipun langsung menghubungi Pak Irianto. Tak lama Pak Irianto membalas chat dari kami dan kami langsung diminta untuk hadir pada 20 Januari 2017.

20 Januari 2017, kami datang ke kantor BKN untuk menemui Pak Irianto, tetapi ternyata beliau menghubungi kami untuk menemui pihak Humas BKN. Kamipun langsung menuju pihak humas dan diberitahu untuk mulai magang pada 23 Januari 2017.

20170119_13030223 Januari 2017, hari pertama masuk kerja, saya merasa  sangat bangga bisa diterima magang di kantor ini. Kesan saya melihat kantor ini begitu megah, indah, rapih, dan bersih. Orang-orang yang bekerja disini pun begitu ramah dan baik. Saya pun mulai merasa nyaman disini. Dihari pertama ini saya ditugaskan untuk membantu Bu Ati di Timnya. Awalnya saya merasa canggung karena masih merasa takut menghadapi semua orang. Pelan-pelan saya pun mulai beradabtasi dengan mereka. Selama saya magang disini saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga yaitu kekeluargaan. Banyak hal yang saya pelajari disini, seperti kegiatan menyortir data-data yang masuk per sepuluh tahun, lalu di sortir pertahun, dicek di dalam list, kemudian di input dan setelah itu dicek kembali untuk di scan.

Hari-hari saya di kantor ini sangat enjoy dan sangat tidak membosankan. Suasana disini mulai terasa seperti rumah dan sulit untuk ditinggalkan. Karena sudah terbiasa dengan hal tersebut dan merasa seperti berada di rumah. Tak terasa sudah berlalu 3 minggu dan sudah saatnya usai, saya harus mengakhiri magang ini pada 10 Februari 2017. Sedih melanda hati, tapi mau diapakan lagi karena jika ada pertemuan pasti ada perpisahan. So, I’m very sad cause I must left this job and left new family. I hope, I can meet this people in another time.