08
Mar

Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan

Saya Ajeng Tri Utami, mahasiswi semester 5 di  Universitas Negeri Jakarta program studi D III Sekretaris. Sebagai mahasiswi program Sekretari D3, tentunya kegiatan PKL merupakan salah satu yang harus dilakukan sebagai salah satu kegiatan pembuatan tugas akhir dalam studi. Awalnya saya direkomendasikan dengan teman saya di BKN.

Kemudian saya mengunjungi kantor Badan Kepegawaian Negara. Sesampainya disana saya langsung menemui ibu Dini di Biro Hubungan Masyarakat. Setelah itu saya disalurkan ke Biro Umum bertemu dengan bapak Dodi. Saya pun langsung menemui bapak Dodi, pada tanggal 23 saya diterima PKL di bagian tata usaha biro umum, Saya dapat menyelesaikan Kegiatan Pekerjaan Lapangan saya di Badan Kepegawaian Negara (BKN) selama 1 bulan.

Pada hari pertama saya di tempatkan di bagian tata usaha biro umum dan saya berkenalan dengan pembimbing saya selama saya PKL di BKN nantinya, awalnya saya takut tidak bisa bersosialisasi dengan pegawai-pegawai namun saat saya berkenalan ternyata pegawai-pegawai bkn sangat ramah dan welcome.

Di BKN saya dapat belajar aplikasi e-office ini sangat menarik karena awalnya saya belum paham apa itu e-offic. Pembimbing saya menjelaskan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi modern yang diterapkan oleh kantor BKN untuk mengagendakan dan disposisi surat selain itu dapat memantau sudah sampai mana surat tersebut  disposisikan. Pada umumnya untuk mengagendakan surat secara manual. Tugas saya selain itu menggandakan berkas, menerima telepon, pendistribusian surat, membuat surat dll. Selain itu saya juga belajar membuat tugas akhir dengan skenario pimpinan saya menjadi penguji saya saat saya disidang nanti.

PKL ini pastinya menjadi pengalaman yang bernilai dalam hidup saya. Karena mengajarkan saya cara belajar menahan mental, kerja cepat, kerja teliti, dapat belajar bagaimana nantinya disidang, membuat tugas akhir yang baik, selain itu disana mendapat teman baru, serta ilmu yang belum saya dapatkan dikampus. Terimakasih kepada bapak dodi, pak yanto, pak givan dan staf tata usaha biro umum, yang sudah menerima dengan ramah, baik hati, tidak pelit ilmu, dan selalu memberi nasihat dan motivasi untuk kehidupan yang lebih baik. Suasana PKL di BKN tentunya pasti akan saya rindukan apalagi saat ruangan sepi selalu dapat menghidupkan suasana dengan berkata “ajeng lagi apa ajeng”,  atau ada staf lain yang ingin menggandakan surat pasti selalu menyapa “ mba ajeng, misi ya mba ajeng” hehehe.

Terimakasih BKN, terimakasih atas kesempatan, ilmu dan pengalaman yang tak terhingga nilainya. Dan saya akan mengingat apa yang dikatakan oleh pembimbing saya di bkn yaitu “ semakin banyak ilmu yang kamu pelajari, semakin besar peluang kami untuk menerima hasil yang lebih besar, waktu dan tenaga yang kamu habiskan untuk belajar, akan selalu melahirkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kamu”.

1485587838331

Ajeng Tri Utami, mahasiswi semester 5 di Universitas Negeri Jakarta program studi D III Sekretaris.