15
Nov

Kata Sambutan yang membingungkan….

Saya Novi Marlina, mahasiswi semester 5 Universitas Mpu Tantular Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Hubungan Masyarakat (Humas). Sebagai mahasiswi S1, saya harus memenuhi mata kuliah PKL atau dikenal dengan sebutan magang yang menjadi syarat kelulusan. Saya dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) saya di Badan Kepegawaian Negara  berlangsung selama 1 Bulan.

Awal saya mengetahui  ada tempat PKL di Badan Kepegawaian Negara yaitu saya iseng mencari di google, dan BKN muncul paling pertama, dan saya langsung berniat untuk mencoba melamar kesana walaupun saya berfikir tidak akan diterima karana banyak orang yang bilang saingannya banyak dari kampus-kampus lainnya. Saya ingin sedikit menceritakan bisa diterima di BKN. awalnya saya, dan 2 teman saya datang ke BKN kemudian kita langsung disuruh ke bagian persuratan kemudian dibagian persuratan bilang kalau sudah penuh dibulan yang kita  inginkan yaitu bulan Agustus disitu kita  merasa sedih kemudian dibagian persuratan kita langsung disuruh ke Humas menemui Pak Yuda. Di ruangan Pak Yuda kita lama sekali karena awalnya Pak Yuda juga bilang hal yang sama dengan bagian persuratan saya dan teman saya pun merasa sedih lagi lalu Pak Yuda menyarankan masih ada dibulan berikutnya yaitu September tapi tidak boleh 3 orang harus 2 orang saja disitu kita berfikir lama sekali siapa yang diantara kita ber 3 mau mengalah, kemudian saya berbesar hati mau mengalah walau sedih rasanya, karena melihat muka saya yang sedih Pak Yuda langsung bilang kalau masih bisa di bulan Oktober dan disitu saya langsung mengiyakan walaupun masih takut karana ga ada temennya. Saya bersyukur sekali diterima, dan  berkesempatan mengikuti kegiatan magang di Badan Kepegawaian Negara.

Senin 03 oktober  2016 hari pertama saya masuk PKL di BKN perasaan campur aduk banget pokoknya deg-degkan, takut, malu, dan bingung harus gimana. Saya tiba lebih awal yaitu jam 06.30 pagi padahal masuknya jam 08.00 mungkin karena terlalu semangatnya hehehe… Awalnya Saya duduk ditempat Hubungan media bingung harus ngapain kemudian ada 2 orang dari Universitas Pancasila. saya berkenalan dengan mereka nama mereka Dara, dan sela singkat cerita mereka anaknya rame banget, lucu, suka bercanda jadi saya bisa langsung akrab walaupun awalnya memang masih jaga image hehe. Selesai saya berkenalan dengan mereka kemudia kita disuruh Pak Gandi untuk perkenalanan ke seluruh pegawai yang ada di HUMAS, respon dari pegawai-pegawai pun ramah, dan baik sama kita. Hari pertama saya, Dara, dan Sela pun mencari tahu sendiri kegiatan yang akan kita lakukan selama PKL dengan menanyakan kepada Mahasiswa yang masih belum selesai PKL di HUMAS BKN.

Dalam sebulan PKL di BKN saya melakukan banyak hal disini, seperti fotocopy, mengantarkan surat ke Kepala BKN, Sekretariat Utama, Biro Humas. Deputi, dan Pegawai, Audiensi dari berbagai DPRD Provinsi dan menjadi notulensinya, melakukan media monitoring berita lewat online maupun koran, menelpon dan menyebarkan kegiatan yang akan dilakasanakan Kepala BKN, Deputi, Pejabat, Resepsionis, Biro Humas, dan sekertariat utama untuk esok harinya, dan saya juga disuruh membuat kata sambutan pokoknya banyak hal lainnya yang sangat berharga yang saya dapatkan,dan lakukan disana. Tetapi ada salah satu hal yang paling berkesan yang saya lakukan yaitu ketika disuruh membuat kata sambutan. Pada  hari selasa,25 Oktober 2016 Pagi tiba-tiba bu Wika memanggil saya disitu saya belum terfikir mau disuruh ngapain, lalu bu wika menyuruh saya untuk duduk, dan bilang kalau saya diharus membuat kata sambutan UPT Padang yang akan dilaksanakan pada tanggal 08 November 2016 nanti.lalu Bu wika menanyakan berapa hari saya sanggup menyelesaikannya, saya langsung menjawab kalau hari kamis tanggal 27 Oktober 2016 jam 14.00 saya bisa selesaikan. Bu Wika pun mengajarkan saya cara untuk membuat kata sambutan yang benar yaitu harus ada pokok permasalahan yang harus dibahas, dan tidak boleh menjiplak dengan kata sambutan yang sudah lama. Disitu saya merasa pusing, bingung harus mau mulai dari mana. Lalu saya coba buat dan saya juga banyak bertanya serta meminta pendapat ke Bu Wika, dan Pak Wasidi karena saya benar-benar bingung sekali. Akhirnya ketika kata sambutan saya sudah mau selesai bu Wika melihat, dan membacanya ternyata.. kalimat yang saya gunakan dalam kata sambutan tersebut seperti berita, lalu bu wika menyuruh saya untuk memperbaikinya kemudian saya pun memperbaikinnya lagi walaupun bener-bener pusing karena saya memang sulit dalam mengarang kalimat/kata-kata, tapi saya mau belajar. Akhirnya hari kamis selesai dan saya memberikan kepada bu Wika. Gak tau bener apa salah tapi bu wika hanya senyum-senyum aja hehehe.. membuat kata sambutan adalah hal paling berkesan menurut saya,dan saya berterimakasih sama Bu Wika udah mau meyakinkan saya kalau saya pasti mampu membuatnya, dan makasih juga gak bosen-bosennya ngajarin saya.

Tidak terasa sudah sebulan saya selama PKL  di BKN, saya harus kembali melanjutkan kegiatan saya waktu sebelum PKL yaitu kuliah pagi , semoga dengan saya PKL disana bisa bermanfaat, dan membantu semua pegawai yang ada di HUMAS BKN. Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan, terutama kepada Pak Yuda, dan Ibu Dini yang udah member saya  kesempatan saya PKL di BKN. Buat bagian protokol yaitu ada Mba Wika, Mba Easter, Mas Rahman, Bu Rita , Pak Iskandar, dan Pak Gandi. Bagian Hubungan Media ada Mba Desi, Bu Dep, Bu wini, Pak Fuad, dan Pak Agus. Bagian Publisitas Ada Bu Astri, Pak Berry, Mas Lugi, Mas Firman, Mba Mia, dan Pak Kis. Dan Bu Urip, Pak Herman, Pak Vino, Pak Slamet,. Saya juga senang bisa dapat temen magang yang rame,baik, dan lucu walaupun mereka suka gak masuk karena kuliah. Pokoknya semuanya yang juga saya tidak sebutkan disini saya ucapkan sekali lagi Terimakasih sebesar-besarnya sudah memberikan saya pelajaran, Ilmu, serta pengalaman yang berharga di BKN.

Penulis: Novi Marlina, Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular, Jakarta.