08
Mar

Liburan Mencari Ilmu

Assalamualaikum. Wr. Wb.

            Perkenalkan nama saya Fiqh Rifains atau  lebih dikenal dengan panggilan “fikoh” atau ka fikoh bagi adik-adik SMK yang magang bersama di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Saya mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, semester satu Fakultas Adab dan Humaniora Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi atau disebut juga IPI. Di jurusan saya terdapat mata kuliah Pengantar Kearsipan yang dibimbing oleh Dosen saya bapak Suprayogi, saya sangat tertarik untuk mendalami ilmu kearsipan dan hal tersebut yang membuat saya mencari tahu “kepo….hehe” apa itu arsip? Dan bagaimana cara pengolahan arsip dengan baik dan benar?.

            Saya dan kelompok pernah diberi tugas observasi kearsipan oleh dosen, tujuan kelompok saya untuk melakukan observasi yaitu di BKN pada bulan Oktober 2016. Pada saat libur kuliah yang lumayan lama sekitar dua bulan kami (saya, Fikris, Ridhony, Sarah, dan Ummi) berinisiatif memanfaatkan liburan ini untuk mencari pengalaman bekerja di kearsipan BKN. Pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2017 kami mengajukan surat ijin untuk melakukan “Job Training” di kearsipan Badan Kepegawaian Negara.

IMG_20160519_170749

            Yakss…, Senin 23 Januari 2017 awal pertualangan kami mencari ilmu di BKN, maklum baru pertama kali masih bingung “apa yang harus kulakukan disini?”. Tugas pertama saya memilah-milah dan mencocokkan dokumen/arsip Pegawai Negeri Sipil (PNS) berdasarkan NIP dan tahun lahirnya, saya ditempatkan di bagian Dokumen Kementerian Kesehatan RI. Setelah dokumen tersebut telah di pilah pertahun kemudian dimasukkan dan menyusun nya ke lemari arsip atau dalam bahasa kerennya (Roll Opack). Saya juga belajar tentang Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) untuk mengetahui pegawai yang masih aktif dan yang sudah pensiun.

            Saya juga belajar memasukkan data pegawai yang aktif ke komputer untuk bagian Kementerian Perhubungan. Disana saya sangat bersyukur selain mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang pengolahan arsip, saya juga mendapatkan keluarga baru di BKN, begitu akrabnya bersama orang-orang disana walaupun saya hanya tiga minggu tapi kesannya luarbiasa.

            Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada keluarga besar BKN yang sudah menerima saya untuk menimba ilmu dan pengalaman di kearsipan BKN. Saya mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan selama magang disana. Dan semoga saya berkesempatan lagi untuk mencari pengalaman disana dan mencari tahu apa yang saya belum ketahui.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.