28
Sep

Magang di BKN itu So Challenging!

Halo teman-teman, saya Andini Yunita Indah Sari. Saya kuliah di Universitas Gunadarma mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Saat ini saya merupakan mahasiswi semester 5 yang baru aja selesai magang di Badan Kepegawaian Negara (BKN) khususnya di Biro Humas.

Saya mulai magang 06 Agustus sampai 06 September 2018. Banyak yang bertanya mengenai singkatnya periode magang saya, hal tersebut karena sudah menjadi kebijakan kampus yang mengharuskan mahasiswa semester 5 magang selama satu bulan. Dan di semester 5-6 saya harus mulai menulis PI, jadi saya memilih magang di waktu libur semester. Akhirnya, saya mencoba untuk magang di BKN Biro Humas.

Saya tidak sendirian magang di sini. Ada juga teman satu jurusan saya di kampus yaitu Gary Faza Andrekho. Namun, Gary ditempatkan di Bagian Sekretaris Kepala Biro Humas sedangkan saya di Biro Humas. Di sini saya bekenalan dengan Kak Shinta dari Kalbis Institute, lalu ada Dwi, Sifa, Tatu, Rezi dan Migu dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tidak hanya sesama mahasiswa saja, saya juga berkenalan dengan staf-staf yang ramah dan sabar membimbing saya di sini. Walau begitu, semua terasa sangat challenging ketika saya dihadapkan untuk berinteraksi dengan Kabag-Kabag yang kedudukannya berada di atas saya. Benar-benar sangat menarik!

Selama sebulan, saya mempelajari banyak hal seperti protokol dan liputan acara. Kegiatan yang paling saya suka yaitu membantu menulis berita untuk kemudian diposting di website BKN dan juga menjadi notulen saat ada rapat di BKN. Selain itu, yang saya pelajari dari keprotokolan adalah  melatih keberanian saya dalam berbicara dengan orang baru. Pokoknya semua yang saya lakukan di sini benar-benar membuat saya berani untuk keluar dari zona nyaman.

Walau singkat, saya pasti selalu ingat pengalaman dan ilmu yang saya dapat dari seluruh staf dan teman-teman magang di sini. Akhir kata, saya berterima kasih atas bimbingan dari semua pihak yang sudah menerima saya di Biro Humas BKN ini. Sampai bertemu lagi di lain kesempatan dan salam semangat untuk semua!

                                                                                                                                                Best Regards, Andini.