19
Agst

Meliput Kedatangan Menteri PAN RB Saat PKL

Hallo… perkenalkan saya Talita mahasiswi Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Sebagai seorang mahasiswi yang akan menginjak tingkat akhir, saya diwajibkan untuk mengambil mata kuliah job training atau PKL. Instansi pertama yang saya tuju untuk PKL adalah BKN dan alhamdulillah setelah menunggu beberapa minggu saya mendapat kabar diterima PKL selama 1 bulan di BKN dan ditempatkan di Biro Humas.

Pada hari pertama PKL saya ditempatkan di bagian Protokol dan langsung mendapatkan beberapa tugas yang harus dikerjakan. Pada awalnya saya merasa sangat canggung dan gugup namun perasaan itu hilang ketika saya sudah mengenal beberapa staf dan teman-teman PKL disana. Ada Mbak Dini, Mbak Ester, Pak Gandy, Mas Rahman, Mbak Rita, Mbak Wika dan Pak Iskandar yang merupakan staf di bagian Protokol. Selain staf yang baik dan asik saya juga mengenal teman-teman PKL lainnya di Biro Humas yang berasal dari berbagai macam kampus, ada Livia (UNPAD), Tata (UNBRAW), Fisca (UNJ), April (UNS), Vandiga (UNS), Ayu (UNPAS) dan Alfi (UNPAD) yang selalu membuat hari-hari disana berasa menyenangkan. Saya juga berkenalan dengan Vera (BSI) yang sedang PKL di bagian Sekretaris Utama.

Hari demi hari berlalu, saya sudah melakukan beberapa pekerjaan di Biro Humas diantaranya yaitu menanyakan agenda kegiatan pejabat-pejabat BKN, menyebarkan agenda kegiatan ke beberapa unit kerja BKN, meliput kegiatan dan membuat press release, mengikuti rapat internal di BKN, merekap data-data dan masih banyak lagi. Salah satu pekerjaan yang tidak terlupakan adalah saat saya mendapat tugas untuk meliput acara kedatangan dan rapat kerja bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Bapak Asman Abnur. Saat itu saya ditugaskan oleh Bapak Sugeng untuk meliput kedatangan MENPAN RB. Saya diminta menjadi fotografer untuk mendokumentasikan acara kedatangan menteri dan rapat kerja bersama menteri hingga acara berakhir.

Pada awalnya saya sangat tidak percaya diri dan sangat gugup ketika diberi tugas untuk meliput kedatangan MENPAN RB karena saya bukan berasal dari background jurnalistik atau sejenisnya. Namun berkat arahan dan bimbingan dari Bapak Sugeng dan Mbak Mia saya dapat menjalankan tugas dengan baik. Saya diajarkan cara mengambil gambar yang baik dan bagaimana cara agar tidak kehilangan moment saat mengambil gambar. Saya masih tidak percaya dapat meliput salah satu menteri di Indonesia secara langsung. Pengalaman ini merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan karena tidak semua orang mendapat kesempatan seperti saya.

Selama satu bulan PKL di BKN, saya banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang luar biasa yang tentunya memberikan gambaran tentang dunia kerja. Saya juga belajar beradaptasi di tempat baru dengan orang-orang baru yang lebih senior. Terima kasih keluarga besar biro humas BKN.

Penulis: Talita mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran

Penulis: Talita, Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran.