09
Jan

Mencari Ilmu Public Relations di BKN

Saya Paramita Dara Ayulestiyaningrum pada pertengahan juli 2016 saya datang ke BKN untuk mencari tempat magang dan mengajukan surat permohonan magang di BKN dan pada hari itu saya langsung mendapatkan izin untuk magang di BKN oleh Ibu Dini.

Pada tanggal 3 Oktober 2016 saya mulai magang di BKN. Saya magang di BKN tidak sendirian saya bersama teman saya yang juga satu kampus dengan saya namanya Sela. Pada saat pertama kali masuk saya diberkenankan untuk memperkenalkan diri ke semua pegawai bagian Biro Humas BKN, setelah itu saya memperkenalkan diri ke teman – teman yang magang di bagian Biro Humas BKN.

Saya dari Universitas Pancasila Jakarta Jurusan Ilmu Komunikasi. Saya mengambil peminatan di kampus adalah Strategi komunikasi, di kampus saya memperlajari semua tetang Public Relations maka dari itu saya mengajukan surat magang di BKN untuk ditempatkan di Bagian Humas.

Saya mendapatkan di bagian Humas Protokol, salah satu tugasnya ialah mennghubugi para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya BKN dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama BKN. Saya di tugaskan oleh Ibu Wika, Ibu Ester, dan Bapak Rahman untuk menghubungi para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama BKN. Kegiatan tersebut dilakukan setiap pukul 14.00 WIB, tujuannya menghubungi para Pejabat Pimpinan Tinggi tersebut ialah untuk mengetahui kegiatan para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama untuk di Agendakan kegiatan harian, setelah menghubungi dan mengagendakan kegiata harian Pejabat Pimpinan Tinggi dan Madya saya ditugaskan untuk menyebarkan agenda harian tersebut untuk di jadikan arsip yakni ke bagian Ruang Kepala, Sesma, Biro Humas, Biro Umum, Biro Kepegawaian, Resepsionis, Angkutan, dan Dapur. Tugas seorang PR di BKN bukan hanya untuk menghubungi para Pejabat Pimpinan saja, dibagian Humas Protokol saya juga ditugaskan untuk membuat kata sambutan untuk pembukaan Kantor Regional di setiap wilayah yang ada di Indonesia.

Selain itu saya mendapatkan tugas Media Relation, saya harus bisa membawa diri saya sebagai seorah PR. Saya diberikan tugas ini oleh Ibu Dessy untuk menghubungi Media yang ada di Kota Padang, tujuan menghubungi media tersebut ialah untuk mengetahui email dan nomer telepon team redaksi media tersebut untuk dikirimkan Press realease dan undangan peliputan dari Humas BKN karena pada saat itu BKN akan ada pembukaan kantor regional di kota Padang. Tidak hanya itu saja saya di tugaskan kembali oleh Ibu Dessy Untuk Menghubungi media – media yang ada di seluruh indonesia,tujuannya adalah sama dengan yang sebelumnya yakni untuk mengetahui email dan nomer telepon team redaksi media tersebut untuk dikirimkan Siaran Pers dari Humas BKN.

Magang di Humas BKN saya mendapatkan ilmu yang banyak sekali tentang menjadi seorang Public Relations, salah satunya adalah bagaimana saya harus bisa membawa diri saya menjadi seorang PR yang sesungguhnya. saya belajar berbicara yang baik dan sopan kalau untuk menghubungi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama BKN, saya di aajarkan bagaimana menggunakan bahasa yang baik untuk melakukan kegiatan tersebut dan saya di ajarkan pula juga cara berbicara bagaimana caranya untuk menghubungi media – media oleh Ibu Dessy. Karena untuk menghubungi itu tidak boleh menggunakan bahasa yang sembarangan kita harus mengetahui kita itu berbicara dengan siapa sehingga kita harus bisa membedakannya.

Pegawai – pegawai di Humas BKN juga sangat baik dan ramah sekali mereka sangat banyak memberikan ilmu – ilmu yang banyak tentang bagaimana menjadi seorang Public Relation. Pengalaman yang sangat menguntungkan sekali bisa mendapatkan kesempatan untuk mencari ilmu di BKN. Saya juga bisa tahu bagaimana keadaan dalam Dunia Kerja, ini adalah pengalaman yang baru saya dapatkan sehingga bisa dapat saya pelajari untuk masuk ke dalam dunia kerja saya nanti.

Terimakasi untuk semua para pegawai Humas BKN untuk memberikan banyak ilmu, saya sangat beruntung sekali bisa menjadi bagian di Humas BKN. Terbaiklah pokoknya Humas BKN.

dara

Penulis: Paramita Dara Ayulestiyaningrum, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila, Jakarta.