04
Sep

Merajut Asa di Humas Lembaga Pemerintah, BKN

FullSizeRender

Dhinira, Riris & Meita

Kami bertiga adalah mahasiswa Komunikasi Hubungan Masyarakat Vokasi Universitas Indonesia Semester 4 yang mengikuti masa magang di Badan Kepegawaian Negara (BKN) selama dua bulan dimulai dari bulan Juli awal hingga Agustus akhir. Kami bertiga adalah Dhinira Tunjungsari, Meita Angelica, Riris Yosephine May ingin menceritakan apa yang kami ketahui tentang BKN selama magang.

BKN adalah Lembaga Pemerintah non Kementerian Indonesia yang berada di bawah koordinasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang manajemen kepegawaian negara. Berfungsi sebagai pengelola di bidang kepegawaian yaitu PNS se-Indonesia, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Dalam melaksanakan fungsinya, BKN dipimpin oleh Kepala BKN, Sekretariat Utama, Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, dan Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian, Biro-Biro, Direktorat, Pusat-Pusat dan Inspektorat. Agar manajemen ASN seluruh Indonesia terutama di daerah dapat terkelola dengan baik, BKN telah memiliki 14 Kantor Regional dan 7 Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia.

Humas BKN memiliki tugas untuk menyampaikan informasi dan regulasi mengenai kepegawaian ASN. Setiap informasi maupun acara di BKN, harus dibuatkan dalam berita serta notulensi dan berita harus dimuat dalam website maupun media sosial BKN. Dalam menyampaikan informasi, Humas BKN harus berhati-hati agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tidak hanya itu saja, BKN juga menjadi fasilitator dalam penerimaan CPNS.

BKN selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam manajemen kepegawaiannya. Sehingga BKN memiliki inovasi dengan menciptakan produk untuk ASN, yakni Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan Computer Assisted Test (CAT). SSCN merupakan website di mana masyarakat melakukan pendaftaran CPNS secara online. Sehingga, semua pendaftaran langsung masuk dalam sistem dan tidak terjadi kecurangan dalam penerimaan CPNS.

Pada tanggal 1 – 31 Agustus 2017 dibuka penerimaan CPNS oleh instansi Kemenkumham dan MA. Ketika menghadapi kesulitan dalam melakukan pendaftaran CPNS, masyarakat di sekitar Jakarta dapat mendatangi langsung Helpdesk di BKN Jakarta. Kami pun turut membantu Humas BKN dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan masyarakat melalui telpon langsung serta media sosial.

Produk CAT merupakan layanan yang diberikan oleh BKN bagi para pendaftar CPNS yaitu tes dengan menggunakan komputer. Ketika melakukan ujian, hasil ujian langsung keluar itu merupakan sesuai dengan moto CAT. Pendaftar CPNS juga dapat berlatih soal sebelum melakukan tes, dengan mengakses cat.bkn.go.id .

Selama kami magang, sering ada audiensi dari daerah yang membawa masalah yang mereka hadapi dan meminta solusi dan bagaimana kelanjutan dari solusi yang mereka ajukan. BKN selalu berusaha memberikan solusi yang sebisa mungkin untuk diberikan dan selalu menghimbau kepada para tamu bahwa BKN sendiri masih harus menunggu keputusan pemerintah karena BKN sendiri berada di bawah Kemenpan RB harus menunggu keputusan dari Kemenpan RB dalam menangani suatu masalah yang berhubungan dengan kepegawaian.

Demikian cerita yang kami sampaikan tentang BKN, kami senang magang di sini banyak pengalaman serta pelajaran yang bisa diambil dan punya pengetahuan bagaimana Humas di Pemerintahan bekerja dan menjalankan tugas-tugasnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Humas BKN yang sudah memberikan kami pengalaman dan pembelajaran, semoga hal tersebut menjadi bekal kami dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus dari Universitas. Dhin,Mei,Ris