19
Agst

Merasakan Dunia Kerja Humas BKN

B

Aprilia Winda Artanti

Saya Aprilia Winda Artanti mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 6 dengan spesialisasi Public Relations atau Humas dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Seperti mahasiswa semester akhir pada umumnya, saya diwajibkan untuk melakukan Kuliah Kerja Komunikasi (K3) atau yang lebih dikenal dengan magang. Program K3 ini berorientasi pada kerja praktik, dimana para mahasiswa mempraktekkan teori-teori komunikasi yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program ini, tentunya membutuhkan kerjasama dengan instansi-instansi atau perusahaan sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan kerja praktek. Mahasiswa secara mandiri mencari dan mengajukan surat permohonan kerja praktek ke instansi-instansi yang diinginkan sesuai minatnya.
Dan karena saya berminat menjadi PNS jika sudah lulus kuliah nanti, maka saya mulai googling mencari instansi pemerintah yang memiliki bagian Humas serta bersedia menerima mahasiswa magang. Dalam proses googling tersebut saya menemukan beberapa testimoni dari mahasiswa yang pernah magang di BKN, dari testimoni yang saya baca tersebut saya tertarik dan akhirnya mengajukan permohonan magang ke BKN, Alhamdulillah saya diterima magang di BKN.
Di minggu pertama magang suasana kantor cukup sepi karena bertepatan dengan momen libur lebaran sehingga banyak pegawai yang masih cuti. Saat mulai magang saya tidak sendiri, ada Vandiga yang satu kampus dengan saya di UNS dan Fisca dari UNJ. Tugas pertama yang kami dapat saat memulai magang ialah mempelajari sejarah BKN dan divisi apa saja yang ada di Humas BKN. Terdapat tiga divisi di dalam Humas BKN yaitu divisi humas, protokol, dan publikasi, masing-masing divisi memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.
Selama magang saya mencoba mengerjakan beberapa tugas berbeda yang ada di ketiga divisi tersebut, misalnya di divisi protokol saya mempelajari bagaimana cara menelepon sekretaris pejabat eselon I dan eseleon II BKN untuk mengkonfirmasi jadwal pejabat tersebut esok hari, di divisi publikasi saya belajar bagaimana cara meng-update informasi NIP di web BKN, dan di divisi humas saya belajar banyak hal mulai dari liputan, membuat berita, media monitoring (memantau pemberitaan media), dan lain sebagainya.
Namun, dari semua tugas tersebut ada satu tugas yang cukup berkesan bagi saya, yaitu media monitoring yang merupakan salah satu tugas pokok dari humas. Media monitoring ini dilakukan tidak hanya pada media cetak saja akan tetapi juga pada media online. Kegiatan media monitoring ini rutin dilakukan setiap hari, mulai dari membolak-balik halaman demi halaman di surat kabar yang terbit pada hari itu dan dilanjutkan dengan berselancar di dunia maya mencari berita yang berkaitan dengan BKN. Mungkin kegiatan ini terdengar membosankan karena terus diulang setiap harinya, akan tetapi bila mengingat manfaat dari media monitoring ini tentunya akan lebih memacu semangat untuk melakukannya. Salah satu manfaat dari media monitoring adalah kita dapat memantau pendapat umum sehingga dapat mengetahui kedudukan lembaga atau organisasi khususnya BKN di mata publik. Selama menjalankan tugas media monitoring, saya belajar bagaimana cara mencari dan menemukan berita dengan keyword yang tepat. Selain itu, saya juga lebih mengetahui isu-isu yang sedang berkembang berkaitan dengan BKN.
Selama magang di BKN saya mendapat banyak pelajaran yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan di kampus. Saya mengucapkan terima kasih kepada BKN yang sudah memberikan kesempatan untuk magang disini, dan khususnya kepada bagian Humas dan seluruh pegawainya yang selama ini sudah membimbing dan membagi ilmunya kepada saya. Terimakasih Biro Humas BKN.