07
Mar

My experiences have taught me a lot and i’m happy with my learnings

Saya Intan Insani Haq, biasa dipanggil Intan. Mahasiswi tingkat 4 (tahun akhir) dari universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Publik. Diakhir semester 7, saya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang selama satu bulan. Sebagai mahasiswi yang seharusnya sibuk menyusun skripsi, saya malah tertarik untuk melakukan PKL di Badan Kepegawaian Negara (BKN). saya memilih BKN, karena merupakan salah satu instansi pemerintah pusat di Indonesia. Apalagi BKN adalah salah satu instansi yang menjadi fokus reformasi birokrasi di Indonesia. Tentu ekspektasi saya sangat besar pada BKN. Walaupun tidak ada syarat perkuliahan yang mengharuskan saya untuk PKL, tetapi saya sangat ingin melakukan PKL untuk menambah pengalaman dan ilmu saya. PKL merupakan bentuk pembelajaran melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari PKL.

Selama PKL di BKN, saya magang di Biro Kepegawaian yang memiliki banyak bagian yaitu Bagian Organisasi Dan Tata Laksana, Bagian Mutasi Kepegawaian, Bagian Pengembangan Pegawai serta Bagian Kinerja Dan Kesejahteraan Pegawai. Saya ditempatkan di Bagian Pengembangan Pegawai tepatnya di Sub Bagian Pengembangan Karier Pegawai.  Banyak hal yang tidak terduga, itulah kesan saya selama PKL di BKN.

Tugas pertama dari mentor saya di subbag Pengembangan Karier adalah membaca jurnal-jurnal internasional mengenai Human Resource Management (HRM) dan Human Capital Management (HCM). Saya dituntut dapat meresume mengenai perbedaan antara HRM dan HCM dari jurnal tersebut, kemudian bisa mengkaitkannya dengan 7 prioritas BKN. Tugas yang sangat menarik, saya seperti sedang mengerjakan proyek untuk mengonsep sebuah kebijakan. Selama 2 minggu saya mengerjakan tugas tersebut dan akhirnya laporan saya di terima dengan baik oleh mentor saya. Selain tugas itu, saya diberi tugas untuk membantu menginput data kepegawaian, mendistribusikan surat, fotocopy berkas, dan tugas lainnya. Dengan diberi tugas seperti itu, saya menjadi bisa bersosialisasi dengan staf lainnya yang welcome dan ramah. Setelah 2 minggu berada di subbag Pengembangan Karier, secara tidak terduga saya dipindahkan ke bagian Kinerja Dan Kesejahteraan Pegawai tepatnya di subbag Kinerja Dan Konseling Pegawai. Mendapat ilmu tambahan, disini saya diberi tugas untuk menginput data SKP dari Kantor Regional BKN. Sebenarnya bukan hanya menginput saya juga harus menganalisis data tersebut, sehingga terlebih dahulu saya mendapat bimbingan dari mentor saya yang baru di subbag ini. Tugas inilah yang saya kerjakan di 2 minggu terakhir PKL.

PKL di BKN ini akan menjadi bagian dari pengalaman yang bernilai di kehidupan saya. Hari-hari di BKN sangat menyenangkan, mendapat ilmu baru, teman baru, pengalaman, relasi dan masih banyak lagi. Apa yang saya inginkan di PKL ini sudah saya dapatkan. Terimakasih kepada mentor saya di subbag pengembangan karier mba Dian Andriani atas bimbingannya, ilmunya, dan motivasinya. Terimakasih juga pada Pak Dion untuk arahannya. Terimakasih juga buat mba tifa, dan staf lainnya di Biro Kepegawaian yang baik, ramah, tidak pelit ilmu dan selalu memberikan nasihat dan motivasi bagi saya (yang sudah saya anggap keluarga).  Terimakasih buat Adet (sahabat seperjuangan), serta terimakasih juga buat sahabat-sahabat PKL yang lain, PKL ini lebih berkesan dengan adanya kalian (terutama pada saat jam makan siang). Terimakasih BKN, terimakasih atas kesempatan, ilmu dan pengalaman yang tak terhingga nilainya. Bagi saya PKL di BKN ini butuh perjuangan, tapi terkadang hidup membutuhkan pengalaman untuk memahami kehidupan. “My experiences have taught me a lot and i’m happy with my learnings”.

intan pict