14
Jan

Orang Kreatif Cocok juga kok di Humas BKN

Hayy, Assalamualaikum perkenalkan nama saya Bella Zaskia Yugis, biasa dipanggil Bella. Saya kuliah di Politeknik Negeri Jakarta, Prodi Desain Grafis Semester 7. Saya melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 2 bulan bersama teman 1 kampus saya dengan prodi yang sama teman saya tersebut bernama Kurniawati (Kurnia) dan Assyafa (Syafa).

Untuk seorang mahasiswa desain grafis biasanya lebih memilih dan terbiasa melaksanakan PKL/magang di Agensi Desain, Advertising, Production House, TV/Publishing, perusahaan swasta. Tetapi dalam hati saya terpacu untuk keluar dari jalur yang biasanya dan mencoba menerobos untuk mencari hal yang baru. Pada saat itu saya yakin jika melaksanakan PKL/ magang di pemerintahan saya akan mendapatkan ilmu baru di luar bidang saya yang belum pernah saya dapat sebelumnya dan ilmu tersebut tidak dapat dibeli dengan apapun.

Sampai akhirnya saya diajak teman untuk mengajukan diri melaksanakan PKL di BKN Pusat. Saya bersama 2 orang teman sangat senang karena kami diterima juga untuk melaksanakan PKL di BKN, awalnya bagian kepegawaian yang menerima kami sangat kebingungan untuk pemenpatan bagian yang cocok untuk keahlian kami desain grafis, karena sebelumnya belum pernah ada yang PKL/magang sebagai desain grafis di BKN menurutnya. Setelah dipilah dan dipertimbang akhirnya kami ditempatkan di bagian Humas (Hubungan Masyarakat).  Awalnya saya berfikir untuk seorang dengan bidang Desain Grafis akan kurang keluar kemampuannya di bagian Humas ini. Namun setelah saya bersama 2 orang teman saya sudah selesai melaksanakan PKL selama 2 bulan di Humas BKN, pikiran mengenai keahlian desain grafis yang kurang keluar itu salah.

Kami disini membantu pegawai Desainer Grafis dan bagian pengolahan publikasi dan dokumentasi mengerjakan desain mascot BKN, template desain untuk berbagai kentingan eksternal maupun internal BKN, desain promosi social media, header website, desain buletin, desain buku, stop motion, dll. Kami juga membantu bagian lain di Humas BKN mendapatkan ilmu baru yang belum pernah kami dapat seperti cara foto kegiatan penting yang baik, mendapat ilmu baru cara liputan mewawancarai audience yang baik, membuat notulensi dan berita dengan standar BKN yang benar, membuat jadwal protokol, mengenal bagian-bagian di BKN dan banyak juga yang lainnya. Pengalaman ini sangat berharga karena kami juga dituntut untuk rapih seperti layaknya pegawai di BKN, tidak seperti pakaian sehari-hari pekerja kreatif.

Terima kasih BKN, Terima kasih Humas BKN yang berisi orang-orang humor yang memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi (serius ga boong).