18
Jan

Pengalaman Baru di Humas BKN

Assalamu’alaikum semuanya. Perkenalkan, nama saya Kurniawati dari Politeknik Negeri Jakarta Diploma 4 semester 7. Disini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya dalam menjalani praktik kerja lapangan di Badan Kepegawaian Negara.

Saya menjalani PKL selama 2 bulan dari bulan November 2018 sampai Januari 2019. Jam kerja BKN  dimulai pukul 08.00-16.00 pada hari senin-kamis dan 07.30-16.30 pada hari jum’at. Hal yang menurut saya sedikit nostalgia dan sedikit menyebalkan adalah di BKN ada sistem seragam kerja. Untuk pkl yaitu setiap hari rabu menggunakan baju putih hitam, dan pada hari kamis dan jum’at menggunakan baju batik. Saya yang dikampus  tidak ada dress code jadi kembali mengingat masa-masa SMA saya. Dan itu cukup menyebalkan karena saya tidak pernah beli baju berwarna putih.

Disini, saya belajar bagaimana cara sebuah perusahaan bekerja. Saya pertama-tama membiasakan diri mempelajari struktur organisasi BKN. Terutama di biro humas tempat saya bekerja. Saya juga diajari bagaimana berinteraksi dengan pegawai lain, atau pegawai atasan bahkan pimpinan. Diawal saya pkl disini, saya sempat melakukan kesalahan dan pegawai disini selalu membantu saya memperbaikinya.

Saya berasal dari jurusan Desain Grafis, jadi pekerjaan saya yang utama adalah mendesain. Tetapi saya juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat berita. Terkadang salah satu pegawai akan mengajak saya untuk ikut melliput berita untuk web BKN. Bahkan ada yang meliput berita diluar kantor BKN yang berada di cililitan ini. Awalnya membuat berita itu sangat menyusahkan, apalagi saya tidak pernah belajar mengenai tata cara penulisan dikampus. Tetapi yang paling penting bukan hasilnya, tapi apakah kita mau mencoba atau tidak. Karena disini kita masih pkl, jika ada sesuatu yang salah, masih ada yang akan memback-up kita, merevisi tugas-tugas kita.

Sekarang saya sudah menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan saya, saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh rekan-rekan pkl saya disini, untuk pembimbing saya pak lugi, yang sering saya mintai tugas pak firman dan pak bayu, yang mengajak dan mengajari saya membuat berita bu dep, pak subali, yang selalu bertanya kapan bikin jadwal pak Harjo, yang selalu saya mintai tanda tangannya pak ronal dan pak ari, dan pegawai-pegawai lain di humas BKN. Saya mohon maaf apabila selama pkl saya banyak membuat salah baik dalam hal maupun perbuatan. Semoga lain kali saya bisa mampir ke BKN lagi. Dan semoga para pembaca bisa ikut merasakan pkl di BKN.