28
Sep

Pengalaman Mengenal Peranan Humas Pemerintahan di BKN Pusat

Hallo, perkenalkan saya Novisari Migunani, atau lebih sering dipanggil Migu hehe saya mahasiswi Universitas Negeri Jakarta dan PKL bersama 4 teman saya yang lainnya, yaitu Reji, Dwi, Sifa dan Tatu, saya ditempatkan di Bagian Publikasi dan Dokumentasi bersama Sifa, sedangkan 3 teman saya lainnya ada dibagian protokol. Saya dan Sifa memiliki seorang pembimbing yang amat baik dan mengayomi yaitu jeng jeng jeengggggg….. Bapak Lugi Juwono. Oke saya mau menceritakan pengalaman-pengalaman terbaik saya selama PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Humas BKN khususnya di bagian Publikasi dan Dokumentasi, sebelumnya saya mau jelasin nih kenapa sih saya memilih BKN sebagai tempat untuk PKL? Karena, BKN adala lembaga pemerintahan yang menurut saya mempunyai banyak Track Record apalagi di bidang kehumasan di BKN. Oke lanjut, pertama saya PKL di BKN saya sudah berkenalan dengan para pegawai disitu tetapi masih belum bisa mengenal lebih dekat, yaa istilahnya seperti masih kaku gitu kayak kerah baju baru haha, lalu saya juga memiliki teman baru yang asik-asik banget ada ka Shinta mahasiswi Kalbis, Andini dan Gerry mahasiswa Gundar, lalu ada Reza dan Wildan dari Universitas Gontor yang baru masuk H-7 saya selesai magang dari BKN. So far, mereka semua baik dan asik banget untuk diajak ngobrol, atau bercanda yang jelas bikin 2 bulan magang saya jadi gak berasa ada beban hehe.

Lambat laun saya bisa mengenal baik dan bersosialisasi dengan orang-orang di Humas BKN, especially di bagian Humas Publikasi dan Dokumentasi disana saya banyak belajar dari mulai membuat berita, ikut liputan ke acara ataupun rapat di lingkungan BKN, editing foto, bagaimana mengolah serta menyortir laporan sosial media yang ada di BKN, mengikuti press conference sewaktu pembukaan web portal SSCN dibuka, dan masih banyak pengalaman lainnya yang saya dapatkan di Humas BKN. Pokoknya 2 Bulan ini berharga banget pengalaman saya. Peranan humas di lembaga pemerintahan ini amatlah Fleksibel dalam menjalani tugas-tugasnya diantaranya di BKN ini mempunyai situs untuk pengaduan yang bertujuan untuk menyaring suara aspirasi atau pun pengaduan terhadap kinerja kepegawaian ataupun pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai tersebut dengan begitu BKN telah sukses menjadi lembaga pemerintahan yang selalu mengedepankan suara masyarakat. Dan saya belajar banyak selama 2 bulan di Humas BKN yang ilmunya nanti sangatlah bermanfaat untuk saya.

Dan yang jelas saya ingin berterimakasih pertama-tama kepada Bapak Lugi selaku pembimbing saya selama 2 bulan ini dan para staff Humas BKN lainnya yang telah mengajarkan saya banyak hal-hal baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Dan para staff serta Kabag Humas BKN lainnya yang memberikan saya pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Semoga apa yang saya dapatkan dan saya pelajari selama di Humas BKN ini dapat menjadi sebuah terobosan baru saya untuk lebih mengetahui dunia Kehumasan.