26
Nov

“Sampurasun… Akang Teteh sadayana, Kaifa Haluk?!”

Perkenalkeun Nama saya Wildan Syaeful Muharram jajaka dari Bandung bisa dipanggil Aa Dhan, Mas wil, terserah deh yang penting sebuah nama yang bagus, Mantap. Saya mahasiswa akhir semester 7 Fakultas Humaniora Prodi Ilmu komunikasi fokus Public Relations di Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo Jawa Timur.

Teman-teman ada yang tahu Universitas Darussalam Gontor? Boleh cari di google atau datang langsung kesana. Tempat pendidikan dimana begitu asri dan tenang, membangun peradaban islam yang berkembang pesat. InysaAlloh Amin.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi salah satu tempat magangku yang sudah dipikirkan matang-matang. Sebelumnya saya melamar ke Kemensos dan Net Jatim namun belum ada kepastian akhirnya dari pihak BKN satu-satunya harapan bisa menyetujui PKL disana walaupun harus menunggu dulu beberapa hari karena di bagian Humas kuotanya sudah penuh. Tidak berpikir panjang dari kampus langsung cabut ke Jakarta waktu itu bersama teman saya Fahreza.

Jarak dan waktu tak menghalangi kami berdua untuk menerima ilmu yang sangat berharga di BKN ini banyak sekali pelajaran yang tidak akan dapat didalam kelas seperti halnya teori-teori yang mungkin akan berbeda ketika berada di dunia kerja, kondisi lingkungan kerja, Komunikasi sesama pegawai, dan banyak lagi hal-hal yang baru ketika berada disini. Bu Diah Eka Palupi sebagai Kasub Bag Media dan Hubungan Masyarakat sekaligus semenjadi pembimbingku dan Reza ketika magang disana mengajarkan cara menulis berita yang bagus sesuai formatnya, siaran pers, monitoring, ikut liputan ke acara ataupun rapat di lingkungan BKN, editing foto bersama Mba Mia dan Mas Adon, bagaimana mengolah serta menyortir laporan sosial media yang ada di BKN, mengikuti press conference, menjadi notulensi, membantu petugas Helpdesk, dan berbagai kegiatan lainnya yang bisa saya serap.

 

Kemudian disamping itu pula, saya juga meliput diluar BKN yang tentunya pekerjaan yang paling saya senangi dan antusias. Menemani pak Karo humas ke gedung MPR RI, Apalagi ketika masa-masa CPNS yang begitu sibuk-sibuknya, para pegawai menjadi pengawas di berbagai tempat. Dalam lubuk hati saya sangat senang sekali berada disini rasa lelah dan capek pun hilang seketika dengan berbagai kegiatan yang saya jalani. Tak lupa dengan para Pegawai yang saya rindukan, senangi, dan saya kagumi dengan berbagai sifat dan karakternya yang berbeda-beda sekaligus menyenangkan.

Pak Ridwan, Pak Lugi, Pak Sigit, Pak Subali, Pak Babeh, Pak Iskandar, Pak Ronald, Pak, Jisron, Pak Bayu beliau-beliau sangat luar biasa dengan karakter kebapaannya sehingga saya sangat segan dan hormat kepada beliau-beliau. Kemudian Pak Kiswanto, Mas Adon, Mba Ika, Mba Mia, Mba sofi, Pak Firman, Pak Didik orang-orangnya asyik banget kecee abiss. Ibu Endang, Ibu, Diah, Ibu Isti, mereka sangat luar biasa dan selalu tegas namun tetap santai serta baik sekali terhadap kami. Selanjutnya Mba Desi, Mba Winny, Mba Wika, Mba Novi, Mba Ester, ibu muda paling cantik-cantik di Humas BKN murah senyum, pastinya ibu2 penuh energik dan kekinian banget. “Hai sobat baper”, siapaa coba? Mbaa Deychan pasti suara beliau kalau sudah ada kata-kata itu. Wkwk. Selanjutnya Pak Berry, Pak Wasidi, Pak Agus, Beliau-beliau sangat luarbiasa dalam bekerja, sering mendengarkan perdebatan yang begitu seru diantara mereka. Pak Ari orang yang pertama kami kenal dengan beliau sungguh paling baik sekali terhadap kami, kapan pak kita jalan-jalan ke Bandung? Ehhhe. Mba Dini, Ibu Aisyah yang begitu ramah sekali dan baik hati. Ohh ya Bang Harjo, pegawai yang paling akrab dengan saya dan fahreza ketika disana kapan bang kita latihan bela diri? Hehe mantap.

Tak hanya disitu saja berbagai masukan, nasihat, wejangan dan arahan dari pegawai lain pun mengalir dalam perjalanan saya yang sedang mencari ilmu dan tentunya sangat berarti dalam kehidupan saya. Wabilkhusus Pegawai Humas BKN yang kece-kece.

Kemudian teman-teman seperjuangan magang dari berbagai Universitas seperti Kalbis, Shinta. dari anak-anak UNJ ada Dwi, Novrezi, Tatum, Syifa, Migu, dan IBM Intan juga dari ISIP Bela orang2nya kocak abis dan Friendly.

Terimakasih banyak kepada para pegawai Humas BKN, sungguh sedih hati ini, karena meninggalkan beliau semua. Selama 2 bulan berada di BKN mendapatkan pengalaman bahkan bukan pengalaman saja kalau dibilang tetapi kekeluargaan pun terjalin dengan mereka. Kemudian saya mohon maaf apabila ada kesalahan baik perkataan atau perbuatan yang mungkin sengaja ataupun tidak disengaja selama di BKN. Sekali lagi Syukron Katsiran atas bimbingannya, nasihat yang diberikan, serta sharing pengetahuan menjadi hal terpenting dalam hidupku ini dalam menjalin karir untuk kedepannya.

Semoga BKN menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. Apalagi Humas BKN pokoknya yang terbaik. Sampai ketemu lagi di lain waktu. InsyaAlloh.