29
Agst

Tetap Enjoy, Walaupun nervous

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya Natasya Annisa Putri, mahasiswi semester 5 Universitas Indonesia dengan program studi Administrasi Perkantoran dan Sekretaris. Sebagai mahasiswi D3, tentunya saya harus menjalani kegiatan PKL atau dikenal dengan sebutan magang yang menjadi syarat kelulusan. Saya dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) saya di Badan Kepegawaian Negara  berlangsung kurang lebih 35 hari kerja.

Alhamdulillah, Saya mendapat rekomendasi dari teman saya yang juga magang di Badan Kepegawaian Negara. Saya berkesempatan mengikuti kegiatan magang di Badan Kepegawaian Negara. Saya segera mendaftarkan diri ke Biro Hubungan Masyarakat yaitu Ibu Dini, lalu setelah mendapat persetujuan, saya langsung meminta tanda tangan dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha di Biro Humas, yaitu Pak Yudha, lalu saya resmi mulai magang terhitung mulai tanggal 11 Juli 2016 – 26 Agustus 2016 di Biro Keuangan. Saya pun senang karena mendapat pelayanan yang sangat baik dari Biro Humas.

Senin 11 Juli 2016. Saya ditempatkan di ruangan Kepala Biro Keuangan. Saya dibimbing oleh Mba Wati selaku sekretaris Kepala Biro Keuangan dan juga Pak Sopo selaku pengadministrasian persuratan di Biro Keuangan. Ternyata pada hari itu ada kegiatan halal bihalal di lingkungan BKN, saya mengikuti kegiatan tersebut dan mulai berkenalan dengan pegawai-pegawai di BKN. Kegiatan saya dimulai untuk hari senin- kamis pukul 08.00 – 16.00, tetapi pada hari Jumat pukul 07.30 – 16.30 diawali senam pagi.

Kegiatan saya di hari pertama yaitu mengagendakan Surat Perintah Membayar (SPM) yang telah ditandatangani oleh Kepala Biro Keuangan ke dalam buku agenda. Kegiatan di hari pertama tidak terlalu banyak, saya lebih banyak memperkenalkan diri kepada jajaran Biro Keuangan. Selamaa magang, saya bertemu teman saya sejak SMP, yaitu Fisca mahasiswi UNJ, dan juga 2 orang mahasiswa dari UNS, April dan Vandi. Saya merasakan nervous yang luar biasa karena takut melakukan kesalahan. Tetapi semua pegawai di Biro Keuangan selalu mengayomi, membimbing, dan mengawasi kegiatan saya.

Sebenarnya, kegiatan saya sehari-harinya hampir sama, tetapi atmosphere disini membuat saya selalu enjoy menjalani hari-hari saya. Ohya, Kegiatan saya sehari-hari nya adalah mengagendakan  SPM, surat masuk dan surat keluar, menerima telefon,  fotocopy surat, mendistribusikan surat ke unit-unit lingkungan BKN Pusat dan masih banyak lagi.

Tidak terasa telah diujung perjalanan saya selama magang di BKN, saya harus kembali melanjutkan kuliah saya yang tinggal selangkah lagi, semoga testimoni saya ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menginspirasi rekan-rekan mahasiswa, terutama yang ingin mencari tempat magang, saya sangat merekomendasikan Badan Kepegawaian Negara sebagai salah satu tempat belajar yang sangat baik.

IMG-20160829-WA0002

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan, terutama kepada Ibu Hj. Imas selaku Kepala Biro Keuangan, kepada Mba Wati, Pak Sopo, Bu Nuni selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Pak Wahyu, Mba Asri, Pak H. Darto, Bu Dewi, Bu Irma, Mba Lara yang sudah saya anggap sebagai kakak saya sendiri, juga jajaran Biro Keuangan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Salam hormat, Natasya Annisa Putri.