08
Apr

The Story of Humas BKN

Hai sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu, Nama saya Soraya Aldjufri, saya adalah Mahasiswa jurusan Public Relations semester 6 di Universitas Persada Indonesia YAI atau biasanya disingkat UPI YAI. Salah satu syarat sebelum masuk pada tahapan akhir yaitu Skripsi mahasiswa fikom UPI YAI diharuskan untuk Magang/PKL.

Sebagian besar mahasiswa pasti pernah dan akan merasakan yang namanya PKL. PKL atau magang adalah kegiatan magang kerja yang dilakukan oleh mahasiswa di perusahaan tertentu sesuai dengan bidang ilmu dari mahasiswa tersebut. mahasiswa yang melakukan PKL biasanya salah satu syarat nya yaitu telah menempuh minimal 5 semester perkuliahan. Nah, dengan adanya PKL ini mahasiswa dapat berlatih bagaimana menghadapi dunia kerja secara nyata nantinya. Selain itu mahasiswa juga dapat mengembangkan soft skillnya seperti communication skills, how to be profesional, analisis dan problem solving.

Yaudah dari pada cerita panjang lebar langsung aja ya, saya akan menceritakan pengalaman saya selama magang di BKN (Badan Kepegawaian Negara). Awal masuk magang di BKN itu 28 Januari 2019, sebelum masuk dan keterima magang di BKN saya dan teman saya bertemu dengan nama nya pak Ary, beliau lah yang menentukan kita untuk dibimbing oleh siapa. Ya pembimbing saya adalah Ibu Endang, beliau sudah seperti ibu sendiri bagi saya. Ibu endang selalu membimbing saya dan mengajarkan saya dalam berbagai hal, tidak hanya itu saja di Humas BKN saya diajarkan bagaimana cara menulis berita, membuat notulen, dan masih banyak lagi ilmu yang bisa saya dapatkan.

Kenapa milih magang di Humas BKN?

Sebenarnya saya gak kepikiran untuk magang di BKN. Awal magang di BKN itu karena diajakin sama temen karena saya masih bingung mau magang dimana, yaudah pada akhirnya memutuskan untuk datang memberikan surat permohonan magang di BKN dan pada akhirnya keterima lah di BKN. Memang awal masuk itu masih gugup dan malu untuk beradaptasi dengan orang-orang terdekat tapi lama kelamaan magang di BKN ternyata tidak seperti yang terlintas dipikiran saya, mereka orang-orang nya asyik,baik dan mudah beradaptasi dengan mereka, mereka itu orang-orang nya lucu penuh dengan kecerian setiap bersama mereka, hal yang tak akan dilupakan adalah canda dan tawa bersama mereka. Ada saat dimana harus serius dan ada saat dimana bisa bercanda dengan mereka. Orang-orang di Humas BKN itu punya kepribadian masing-masing, saya bangga pernah menjadi anak magang di Humas BKN.

Terima kasih buat Ibu endang, Pak Sigit, Mba Sofi, Kak Adon, Kak Ika dan semua ibu-bapak-kakak di humas BKN yang gak bisa soraya sebutin satu persatu, terima kasih karena telah mengajarkan soraya banyak hal, sudah mtembimbing soraya membina sovraya menjadi lebih baik, yang awalnya soraya gak tau apa-apa akhirnya bisa tau.

Any sweet farewell, no matter how beautiful it is, is still farewell. There are stories that from that moment on have to turn into memories. Thank u for teaching me a many things