Indonesian (ID)English (United Kingdom)

LAKIP BKN 2012

PERATURAN TENTANG ASN

e-BOOK UU ASN Nomor 5 Tahun 2014

MEMBER LOGIN

ACTIVITIES AGENDA

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
IMPLEMENTASI ASSESSMENT CENTER PNS
Wednesday, 11 January 2012 14:56

Jakarta-Humas BKN, Kepercayaan Pemerintah untuk melaksanakan tugas yang telah dibebankan merupakan salah satu prestasi tersendiri. Oleh karenanya, kepercayaan itu menjadi pendorong untuk mempertahankan prestasi dan senantiasa menghasilkan output dan outcome yang terbaik. Hal inilah yang dilaksanakan Pusat Penilaian Kompetensi PNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat mendapat tugas dan kepercayaan untuk melaksanakan penilaian kompetensi dengan metode Assessment Center bagi calon Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).  Assessment Center ini dilaksanakan pada tanggal 9-12 Januari 2012 di fasilitas Assessment Center yang menyatu dengan Kantor Pusat BKN.

 

Assessment Center bagi calon Kepala LAN dan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI merupakan penilaian kompetensi kesekian kalinya yang dilaksanakan oleh Pusat Penilaian Kompetensi PNS sejak berdiri tahun 2006. Penilaian kompetensi dilaksanakan untuk kepentingan internal BKN dan fasilitasi instansi lain.

Para peserta seleksi hari kedua calon Kepala LAN saat foto bersama di Assessment Center BKN

Penilaian Kompetensi Internal BKN:

  1. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
  2. Seleksi calon pejabat struktural eselon IV – eselon I
  3. Pemetaan potensi dan kompetensi pegawai
  4. Seleksi calon Assessor dan Widyaiswara
  5. Pengembangan kompetensi pegawai.

 

Fasilitasi Penilaian Kompetensi Instansi Lain (Eksternal BKN):

  1. BKKBN: Calon Kepala BKKBN Provinsi (eselon I), peserta 24 orang
  2. Pemprov. Maluku: Calon eselon II, peserta 40 orang
  3. Pemkot. Tangerang: Calon eselon II dan III, peserta 400 orang
  4. Pemprov. Jawa Timur: Eselon II, peserta 29 orang
  5. Pemkab. Banyuwangi: Calon eselon II, peserta 30 orang
  6. Pemkab. Malinau: Calon Sekretaris Daerah, peserta 6 orang
  7. Pemkab. Tanjung Jabung Timur: Pemetaan eselon III, peserta 183 orang
  8. Pemkab. Kutai Kartanegara: Calon Sekretaris Daerah dan eselon II, peserta 23 orang
  9. Pemkab. Kutai Timur: Pemetaan eselon III, peserta 31 orang
  10. Pemkot. Bontang: Calon Sekda, calon eselon II, III, dan pemetaan struktural, peserta 337 orang
  11. Pemkab. Sampang: Calon eselon II, peserta 69 orang
  12. Kementerian Kelautan & Perikanan: Calon eselon I, II, & pemetaan struktural peserta 215 orang
  13. ANRI: calon eselon I dan II, peserta 16 orang
  14. Badan Pusat Statistik (BPS): Calon eselon II, peserta 42 orang
  15. Pemkab. Berau: Calon Sekretaris Daerah, peserta 5 orang
  16. Pemkot. Tanjung Pinang: Calon Sekretaris Daerah, dan eselon III, peserta 103 orang
  17. Pemkot. Balikpapan: Calon Sekretaris Daerah, eselon III, peserta 100 orang
  18. Pemkab. Hulu Sungai Tengah: Calon Sekda, eselon II, dan pemetaan struktural, peserta 162 orang
  19. Pemkab. Buru Selatan: Calon eselon II, peserta 34 orang
  20. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA): calon eselon I dan II, peserta 30 orang
  21. Calon Kepala LAN RI: peserta 14 orang.

 

Fasilitasi Pembangunan Assessment Center

Disamping fasilitasi penilaian kompetensi (Assessment Center), Pusat Penilaian Kompetensi PNS BKN juga memfasilitasi instansi lain melalui:

  1. Workshop Assessment Center (2 hari)
  2. Seleksi/profiling calon Assessor
  3. Pengembangan Assessor (4 hari)
  4. Sosialisasi Assessment Center
  5. Design ruangan Assessment Center dan peralatannya di Kepolisian RI (Polri), Badan Pemeriksa Keuangan, LAN
  6. Pengembangan Assessor Kementerian Pekerjaan Umum (PU), serta0 Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans).

 

Paguyuban Assessment Center Instansi Pemerintah

Sampai saat ini, beberapa instansi pemerintah telah memiliki dan mampu menyelenggarakan Assessment Cente yang tergabung dalam Paguyuban Assessment Center Instansi Pemerintah. Paguyuban ini senantiasa saling berkomunikasi dan berkoordinasi untuk mengembangkan Assessment Center di instansi pemerintah. Komunikasi dan koordinasi antara lain dilakukan melalui pertemuan rutin tahunan. Paguyuban secara aklamasi menunjuk Assessment Center BKN sebagai Ketua sampai dengan saat ini. Sampai dengan akhir tahun 2011, anggota paguyuban terdiri dari:

  1. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
  2. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
  3. Badan Pemerikisa Keuangan (BPK)
  4. Kementerian Keuangan
  5. Kementerian Kehutanan
  6. BKD Provinsi Jawa Tengah
  7. BKD Provinsi DI Yogyakarta
  8. BKD Provinsi DKI Jakarta
  9. Badan Diklat Provinsi Jawa Timur