Indonesian (ID)English (United Kingdom)

LAKIP BKN 2012

PERATURAN TENTANG ASN

e-BOOK UU ASN Nomor 5 Tahun 2014

KEANGGOTAAN

AGENDA KEGIATAN

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Songsong UU ASN, Assessment Center PNS Bangun Soliditas
Senin, 23 April 2012 22:19

Malang-Humas BKN, Rencana penerapan Rancangan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) menggantikan UU Pokok-Pokok Kepegawaian akan mengubah secara drastis sistem manajemen kepegawaian Negara Kesatuan RI. RUU ASN yang masih dibahas pemerintah dengan DPR memberi tekanan secara eksplisit terhadap profesionalitas dan kompetensi ASN. Sebagai contoh, promosi PNS dilaksanakan berdasarkan hasil penilaian kompetensi, integritas dan moralitas.

 

Sejalan dengan pembahasan RUU ASN maka forum komunikasi Assessor Kompetensi PNS mengadakan pertemuan di Kota Batu Malang pada Senin-Rabu tanggal 23-25 April 2012.  Acara ini difasilitasi oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Timur. Peserta yang hadir adalah para Assessor dari BKN, BPK, BPKP, LAN, BKD Jawa Tengah, BKD Di Yogyakarta, dan Badan Diklat Provinsi Jawa Timur.

Dalam pembukaan, Totok Hadipranata, Kepala Bidang mewakili Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan yang sudah beberapa kali dilaksanakan dengan penyelenggara yang berbeda. Tujuan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan menyamakan pemahaman para Assessor Kompetensi PNS khususnya dalam menghadapi kemungkinan berlakunya UU ASN.

Kepala Pusat Penilaian Kompetensi PNS BKN, Sri Kusmaningsih, selaku pembicara utama  menyampaikan perkembangan pembentukan jabatan fungsional Assessor SDM Aparatur. Berita yang cukup menggembirakan bagi para Assessor bahwa perkembangannya sudah pada tahap akhir pembahasan rancangan Peraturan Menpan dan RB. Diharapkan jabatan fungsional ini segera terwujud. Lebih lanjut Sri Kusmaningsih mengatakan bahwa, BKN mengajukan usulan jabatan fungsional Assessor SDM Aparatur sebagai jabatan fungsional tingkat keahlian sampai dengan jenjang Utama.

Pertemuan yang diadakan di kota wisata nan sejuk ini juga dimanfaatkan oleh peserta untuk meningkatkan dan menyegarkan pengetahuan tentang instrumen penilaian kompetensi. Suryanti Rahayu, psikolog sekaligus dosen Universitas Surabaya membagi pengetahuan dan pengalamannya dalam melaksanakan Assessment Center dengan strategi dan instrumen yang tepat.

Peserta juga saling berbagi informasi dan pengalaman dalam membangun dan mengelola Assessment Center di masing-masing instansi.  Acara diakhiri dengan komitmen dari seluruh peserta untuk terus bekerja sama dan meningkatkan koordinasi antar-penyelenggara Assessment Center PNS. (ars)