Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
REKRUTMEN CALON ANALIS KEPEGAWAIAN: 12 PEGAWAI IKUTI SELEKSI

Analis Kepegawaian adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan manajemen pegawai negeri sipil. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut, seorang analis kepegawaian dituntut untuk mampu menjiwai pekerjaan yang telah diembannya tersebut dengan penuh dedikasi dalam rangka turut serta kegiatan manajemen dan pengembangan system manajemen PNS. Jabatan Analis Kepegawaian sendiri diatur dalam PER/36/M.PAN/11/2006 jo. PER/14/M.PAN/6.2008 yang didalamnya terdapat dua tingkat yakni Analis Kepegawaian Tingkat Terampil dan Ahli.

Saat ini banyak permintaan yang diajukan ke BKN untuk mengisi posisi pejabat kepegawaian yang capable dan komprehensif di bidang kepegawaian oleh sebuah instansi, namun sedikitnya pegawai yang paham akan kepegawaian secara menyeluruh dan komprehensif menjadikan permintaan itu tidak dapat dipenuhi. Lahirnya para Analis Kepegawain, diharapkan menjadi solusi kedepan atas kekurangan tersebut, seperti disampaikan oleh Sekretaris Utama BKN Edy Sujitno saat membuka Seleksi untuk Mengikuti Diklat Analis Kepegawaian di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Sebagai barometer instansi lain untuk pembinaan jabatan analis kepegawaian, dalam kesempatan tersebut Sesma berharap proses seleksi Analis kepegawaian BKN memiliki  standar minimal, sehingga pegawai yang diangkat menjadi analis kepegawaian merupakan individu yang berkualitas, memahami seluk beluk kepegawaian dan  memiliki komitmen yang kuat untuk menduduki jabatan fungsional ini. Diharapkan, kepada para peserta seleksi untuk dapat mempersiapkan diri menjadi Analis Kepegawaian dengan berfikir komprehensif dan menyeluruh, berdedikasi, selalu semangat, inisiatif, kreatifitas yang tinggi dan mempunyai konsep kedepan.

Menindaklanjuti proses seleksi calon peserta diklat analis kepegawaian yang telah diselenggarakan di Kantor Pusat BKN, pada tanggal 24 Februari 2011 Kantor Regional I BKN Yogyakarta juga menyelenggarakan seleksi calon peserta diklat analais kepegawaian. Sebanyak dua belas (12) pegawai Kanreg I BKN dengan sangat dedikasi mengikuti proses seleksi yang difasilitasi langsung oleh ibu Sridadi Handayani, SH, yang merupakan Kepala Seksi Administrasi Tim Penilai Jabatan Analis Kepagawai dari Direktorat Pembinaan Jabatan Analis Kepegawaian BKN.

( Para peserta test sedang mengerjakan soal yang diberikan oleh penguji)

Sebelum test seleksi dilaksanakan, sehari sebelumnya diadakan acara pengarahan kepada para peserta test yang dihadiri oleh Kabag Umum Kanreg I BKN, Drs. Heru Purwaka, Kasie Kepegawaian kanreg I BKN, Dra. Untung Purwaningsih. Dalam sambutannya, Kepala Bidang Umum Kanreg I BKN Yogyakarta Drs. Heru Purwaka menyampaikan apresiasinya dan ungkapan selamat berjuang kepada para peserta seleksi. “ Bapak, Ibu, yang terpenting dalam test ini adalah ketenangan, enjoy, santai, dinikmati saja. Semoga nanti bisa lulus semua.” Ungkap Kabag Umum, yang sejurus kemudian di Aminkan oleh seluruh peserta test yang hadir dalam acara pengarahan tersebut.

( Kepala Bagian Umum, Drs. Heru Purwaka, Kepala Seksi Kepegawaian, 
Dra. Untung Purwaningsih, dan Ibu
Sridadi Handayani, SH,
saat memberikan pengarahan kepada para calon peserta test)