Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
WORKSHOP PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS

Selama tiga hari (19-21/03) Kantor Regional I BKN Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan “Workshop Penilaian Prestasi Kerja Pegawai negeri Sipil” yang diselenggarakan di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti 50 orang peserta dari PNS instansi vertikal di lingkungan kerja Kanreg I BKN maupun perwakilan dari pegawai Kanreg I BKN sendiri. Para pemateri dalam workshop ini berasal dari BKN Pusat Jakarta serta pejabat dari Kanreg I BKN.

Acara workshop dibuka langsung oleh Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta Edy Wahyono SP dengan dihadiri Direktur Rekrutmen dan Kinerja Pegawai BKN Pusat Jakarta Purwanto, serta para pejabat Kanreg I BKN.

 

(Kepala Kanreg I BKN Edy Wahyono SP saat membuka Kegiatan workshop)

 

Dalam kesempatan tersebut, Kakanreg menyatakan selama ini kita masih sering mendengar kritik bahwa kinerja PNS masih sangat rendah atau belum dianggap oleh masyarakat. Selama ini PNS dianggap belum bekerja dengan efektif dan efisien, apalagi ditambah dengan pelayanan-pelayanan yang masih jauh dari harapan.

Sebetulnya pemerintah telah berupaya untuk memperbaiki kinerja PNS melalui pembinaan PNS dengan sistem prestasi kinerja. Untuk mewujudkan harapan pemerintah tersebut, maka pemerintah telah menetapkan PP Nomor 46 Tahun 2011 yang ditindak lanjuti dengan Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013.

Selama ini penilaian prestasi kerja masih terjebak pada formalitas belaka. Penilaian prestasi kerja tidak menggambarkan secara nyata prestasi kerja seorang PNS sehingga tidak bersifat transparan. Berkenaan dengan hal-hal tersebut pemerintah berusaha melakukan pembenahan tentang penilaian prestasi kerja PNS yang lebih terukur dengan adanya target dan realisasi. Dengan adanya PP Nomor 46 Tahun 2011 diharapkan PNS akan semakin profesional dan akuntabel, sehingga pelayanan akan semakin mendekati harapan.

Penilaian prestasi kerja PNS terdiri atas dua unsur yakni sasaran kerja pegawai (SKP) dan perilaku kerja. SKP bobotnya 60%, sementara Perilaku Kerja memiliki bobot 40%. Efektif mulai 1 Januari 2012 setiap PNS diwajibkan menyusun SKP diawal tahun serta melakukan penilaian prestasi kerja diakhir tahun sebagai pengganti atas DP3 yang selama ini digunakan

Melalui kegiatan workshop ini para peserta diberikan pengetahuan mengenai tata cara penyusunan Sasaran Kerja PNS dan Penilaian Prestasi Kerja PNS, serta praktek langsung melalui simulasi tata cara penyusunan Sasaran Kerja PNS dan Penilaian Prestasi Kerja PNS. Kakanreg berharap para peserta mengikuti dengan baik kegiatan workshop ini dan dapat menyampaikan hasil Workshop kepada Pimpinan dan mengajarkannya kepada PNS lainnya di Instansi masing-masing.



Ditempat lain dalam waktu yang hampir bersamaan, Kanreg I BKN Yogyakarta juga menyelenggarakan kegiatan yang sama yakni sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2011 dan Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai negeri Sipil dengan peserta perwakilan pegawai dari Pemprov./Kab./Kota se-Jawa Tengah dan DIY. Acara ini diselenggarakan di Hotel Cakra Kembang Yogyakarta. (Rdl)