Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Peluncuran Kartu Pegawai Elektronik Provinsi Banten

 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kemarin (14/6) meluncurkan Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE) di aula Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) di Kecamatan Curug, Kota Serang. Dalam acara yang juga sekaligus meluncurkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) ini hadir Kepala BKN, DR. Edi Topo Ashari, Deputi Informasi Kepegawaian Yulina Setiawati, SH, M.Si, Asisten Tata Praja Provinsi Banten, H. Anwar Mas’ud, Direktur Konsumer Bank Jabar-Banten, Tatang Sumarna, Kepala Kantor Regional III BKN, Drs. Kundarto, M.Si, beserta jajaran kepala SKPD di lingkungan Provinsi Banten dan Kota Serang.

Kepala BKN Menyerahkan KPE kepada Kepala BKD Provinsi Banten

 

 

KPE merupakan kartu identitas PNS yang memuat data-data secara elektronik. Berbeda dengan kartu pegawai sebelumnya, KPE khusus dirancang sehingga tidak dapat digandakan. Dengan demikian diharapkan penggunaan KPE dapet menghindari adanya Nomer Identitas Pegawai (NIP) ganda serta penyalahgunaan kartu pegawai. Untuk KPE di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Serang sendiri merupakan hasil sinergi BKN, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Serang serta Bank Jabar-Banten. Pembiayaan kartu yang sekaligus dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan ini berasal dari APBN.

Diharapkan kedepannya, dalam proses penerapan KPE dapat terjalin sebuah kerjasama antara pemangku kepentingan seperti pihak penyedia layanan perbankan, layanan asuransi kesehatan, serta layanan pensiun. Asisten Administrasi Tata Praja Provinsi Banten dalam sambutannya menyatakan harapannya agar penerapan KPE dapat meningkatkan pelayanan kepegawaian kepada PNS karena dengan KPE pelayanan agar lebih terintegrasi.

Senada dengan harapan Asisten Administrasi Tata Praja Provinsi Banten, Kepala BKN dalam sambutannya mengatakan penerapan KPE ini memiliki dampak yang sangat luas bagi PNS di Indonesia . Dengan penggunaan KPE, diharapkan aparatur pemerintah dapat lebih leluasa melayani dirinya sendiri sehingga bisa menimbulkan dampak positif berupa pelayanan kepada publik yang lebih maksimal.

Uji Coba penggunaan KPE

Peluncuran KPE kemudian ditandai secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Asisten Tata Praja Provinsi Banten yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan KPE oleh Kepala BKN kepada Kepala BKD Provinsi Banten dan Kepala BKN Kota Serang yang langsung melakukan simulasi penerapan KPE dengan menggunakan fasilitas ATM yang sudah terintegrasi di dalam KPE. (nyo/eg/yth)