Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Seminar Bimbingan Teknis Pendalaman Penyusunan Analis Jabatan dan Analis Kebutuhan Pegawai

KAKANREG V BKN JAKARTA : DIHARAPKAN AKHIR DARI PELATIHAN INI AKAN MUNCUL PARA AHLI DALAM BIDANG ANALISIS JABATAN SEBAGAI KADER FASILITATOR UNTUK MELAKSANAKAN TUGAS DI DAERAH


 

Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (Kanreg V BKN) Jakarta mengadakan Seminar Bimbingan Teknis Pendalaman Penyusunan Analisis Jabatan & Analisis Kebutuhan Pegawai pada hari Senin – Kamis, tanggal  16 – 18 Januari 2012 dan pada hari Selasa-Rabu, 31-1 Januari 2012, bertempat di Ruang Rapat Utama Kanreg V BKN Jakarta. Dalam pengarahannya, Kepala Kantor Regional (Kakanreg) V BKN Jakarta, N.Hasyim Hadisaputro, SH, menyatakan bahwa dengan ditetapkannya Surat Keputusan (SK) bersama Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menpan & RB), Menteri Keuangan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Moratorium / Penundaan Sementara Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maka setiap instansi Pemerintah diwajibkan melakukan perhitungan kebutuhan pegawai melalui analisis jabatan, dan untuk itu selambat-lambatnya bulan Juni 2012 harus sudah melaksanakan ketetapan tersebut. Diharapkan akhir dari pelatihan ini nantinya akan muncul para ahli dalam bidang analisis jabatan dan akan menjadi kader fasilitator untuk melaksanakan tugas di daerah-daerah.

Seminar yang diikuti oleh dua puluh orang peserta yang berasal dari pejabat eselon III, IV, analis kepegawaian, dan beberapa fungsional umum di lingkungan Kanreg V BKN Jakarta ini mengundang narasumber Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Analisis Jabatan BKN, Irwan Latif, SH. Dalam penjelasannya, ia menjelaskan mengenai Proses Mengkonsep Analisis Jabatan, mulai dari Pengumpulan dan Pengisian Kuesioner (yang berisikan mengenai Tugas & Fungsi / Potret Kerja Sehari-hari, Info Jabatan Sebelumnya, Dokumen Kerja (LAKIP, SOP, dll), Petunjuk Pengisian); Penyusunan Info Jabatan; Verifikasi / Pra Konvensi; Seminar Kelompok / Konvensi hingga menghasilkan laporan akhir kepada Pimpinan.

Narasumber juga menjelaskan mengenai cara mengisi kuesioner Analisis Jabatan dengan menyediakan petunjuk pengisian kuesioner dan melakukan praktek pengisian secara langsung.

Pembahasan mengenai analisis kebutuhan pegawai kemudian dilanjutkan dengan mengundang narasumber dari Bidang Bimtek, Juahir, SHi selaku Kepala Seksi Pengembangan Kepegawaian. Ia menjelaskan bahwa dalam Manajemen PNS, ada satu komponen penting yang terkait dengan Perencanaan, Pengembangan, dan Distribusi Pegawai, yaitu beban kerja. Kegiatan beban kerja secara garis besar terdiri dari dua hal yaitu penghitungan beban kerja dan analisis hasil perhitungan beban kerja. Diharapkan, nantinya para anggota tim penyusunan analisis kebutuhan pegawai dapat bekerja semaksimal mungkin sehingga dapat dicapai hasil sesuai dengan yang diharapkan .(ast)