Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
SOSIALISASI PERATURAN KEPALA BKN NO. 1 TAHUN 2013 DAN PENYUSUNAN SASARAN KERJA PEGAWAI SE-WILAYAH KERJA KANREG VII BKN PALEMBANG

Palembang-Kanreg VII BKN, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan motor penggerak pembangunan dan pemerintahan di Indonesia diharapkan menunjukkan kinerja yang baik dan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Untuk itu PNS diharapkan pula profesional dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga kinerja yang ditunjukkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap organisasi dan masyarakat. Dalam hal tersebut dapat diketahui dari penilaian prestasi kerja PNS. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil dan juga secara teknis di tuangkan dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 mengatur tentang Penilaian Prestasi Kerja bagi para PNS di Indonesia. Sebagai upaya menerapkan Peraturan Pemerintah tersebut maka perlu dilakukan Sosialisasi tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah tersebut yang secara teknis dituangkan dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013. Sosialisasi tersebut adalah Sosialisasi Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 dan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai Se-Wilayah Kerja Kantor Regional VII BKN Palembang bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Regional VII BKN Palembang yang dilangsungkan pada hari Rabu, 28 Agustus dan Kamis 29 Agustus 2013.


 

Bapak Drs. Eko Sutrisno, M.Si selaku kepala BKN membuka secara resmi workshop


Workshop ini dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. Eko Sutrisno, M.Si selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara. Dalam sambutan dan pengarahannya beliau menyampaikan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil harus diterapkan per 1 Januari 2014. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 lebih terukur penilaian prestasi kerjanya dibandingkan Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan PNS yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1979. Pengukuran Prestasi Kerja PNS ini tidak lepas dari Sasaran Kerja Pegawai. Hal ini penting karena Sasaran Kerja Pegawai merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pengukuran kinerja dalam suatu organisasi. Mengenai kebijakan umum manajemen kepegawaian mengarah pada profesionalisme yang menjunjung tinggi nilai-nilai kompetensi. Kedepan dalam rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara Kinerja PNS menjadi fokus perhatian.


Bapak Pramono Widyo Utomo, SH selaku Kepala Kanreg VII BKN Palembang

menyampaikan laporan pelaksanaan acara sosialisasi


Sebelumnya disampaikan laporan penyelenggaraan Sosialisasi oleh Bapak Pramono Widyo Utomo, SH selaku Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang. Beliau mengucapkan selamat datang atas kehadiran para peserta Sosialisasi. Selanjutnya beliau menyampaikan tujuan diselenggarakannya Sosialisasi ini yaitu untuk menyampaikan dan menyamakan persepsi tentang Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 dan secara teknis di tuangkan dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 serta Praktek Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sehingga dapat mudah diterapkan per 1 Januari 2014. Oleh karena itu hasil dari Sosialisasi ini nantinya tercipta persamaan persepsi secara teknis tentang penilaian prestasi kerja pegagawai dan penyusunan SKP sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011.


Kepala BKN didampingi Kepala Kanreg VII BKN Palembang beserta nara sumber workshop


Nara Sumber dalam Workshop ini adalah Bapak Drs. Kuspriyomurdono, M.Si selaku Deputi Bidang Bina Kinerja dan Perundang-undangan BKN serta Bapak Dr. Purwanto, MM selaku Direktur Kinerja Pegawai BKN. Bapak Drs. Kuspriyomurdono, M.Si menyampaikan materi tentang Penjelasan Kebijakan Pemerintah mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai merupakan proses melakukan evaluasi bagaimana kita melaksanakan pekerjaan. Hal ini dapat diperhatikan dari unjuk kerja yang dilakukan oleh para pegawai. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai ini dapat digunakan sebagai pertimbangan Kenaikan Pangkat dan Jabatan PNS. Disamping itu Penilaian Prestasi Kerja Pegawai juga dapat digunakan untuk mengetahui diklat / training yang cocok bagi pegawai serta untuk penggajian. Dalam hal penggajian ditentukan melalui kelas jabatan yang diperoleh oleh pegawai. Kelas jabatan ini diperoleh oleh pegawai melalui Penilaian Prestasi Kerja. Untuk itu pembinaan kinerja pegawai penting dilakukan karena berkaitan dengan masa depan PNS.


Suasana workshop yang diikuti peserta dengan seksama


Bapak Dr. Purwanto, MM dalam kesempatan ini menyampaikan Filosofi tentang diterbitkannya Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Beliau pun menyampaikan tentang tiga hal mengenai penilaian prestasi kerja pegawai yaitu Siapa yang melakukan penilaian, Sifat Penilaian seperti apa dan Unsur Penilaian meliputi hal-hal apa saja. Disamping itu beliau juga menjelaskan secara teknis penyusunan SKP bersama Tim Direktorat Kinerja BKN. Sosialisasi ini diikuti oleh para pejabat struktural Eselon III dan Eselon IV yang mengelola bidang kepegawaian di Instansi Daerah se-Wilayah Kerja Kanreg VII BKN Palembang. Para peserta begitu antusias mengikuti workshop ini terlihat dari partisipasi aktif peserta baik melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para Nara Sumber maupun keseriusannya dalam mengisi formulir dalam menyusun SKP.

TW-KR.7