Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Kunjungan Kerja MenPAN dan RB ke Kanreg VII BKN Palembang

Palembang-Kanreg VII BKN, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB), Bapak Ir. Azwar Abubakar dalam kunjungan kerja ke Kanreg VII BKN Palembang membuka secara resmi Workshop Analisis Jabatan (Anjab), Penataan dan Pemetaan Kebutuhan Pegawai Provinsi Bengkulu dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Kabupaten / Kota di wilayahnya yang berlangsung pada hari Kamis, 12 April 2012. Pada Pembukaan Workshop tersebut dihadiri pula oleh pejabat Eselon I BKN Pusat Jakarta, diantaranya Bapak Drs. Eko Sutrisno, M.Si selaku Wakil Kepala BKN dan Bapak Dr. Djoko Sutrisno, M.Si selaku Deputi Bidang Pengembangan Kepegawaian. Disamping itu turut hadir Bapak H. Eddy Yusuf, SH, MM selaku Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Tengah : MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar, dari Kanan : Bapak Pramono Widyo Utomo, SH, Bapak Drs. Eko Sutrisno, M.Si
dari Kiri : Bapak Dr. Djoko Sutrisno, M.Si , Bapak H. Eddy Yusuf, SH, MM

Acara pembukaan workshop ini diawali dengan ucapan selamat datang kepada para undangan yang hadir dan laporan penyelenggaran oleh Bapak Pramono Widyo Utomo, SH selaku Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang. Didalam laporannya beliau juga menyampaikan tujuan penyelenggaraan Workshop ini yaitu untuk melatih tenaga fasilitator instansi daerah agar meningkatkan kemampuan Anjab, Penataan dan Pemetaan Pegawai.


Kiri : Bapak Pramono Widyo Utomo, SH saat memberikan Ucapan Selamat Datang dan Laporan

Pada pembukaan Workshop tersebut MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar menyampaikan sambutan mengenai pentingnya melakukan penataan dan pemetaan kebutuhan pegawai negeri sipil di Indonesia yang sedang melakukan Reformasi Birokrasi (RB). Dimana dengan RB akan mewujudkan birokrasi yang bersih, competence dan melayani. Bersih dari KKN dan bersih dari politisasi. Competence yang berarti mampu bekerja, profesional memiliki kompetensi tertentu yang dibutuhkan organisasi. Melayani untuk masyarakat dalam hal pendidikan, pengobatannya, perizinannya, pengaturannya serta melayani untuk tumbuhnya dunia usaha. Untuk itu diperlukan Program Percepatan RB yang meliputi program Evaluasi Jabatan, Penataan Jumlah dan Distribusi PNS, Sistem Seleksi CPNS dan Promosi PNS secara terbuka, Profesionalisasi PNS, Pengembangan Sistem Elektronik Pemerintahan, Peningkatan Pelayanan Publik, Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Aparatur, Peningkatan Kesejahteraan Pegawai Negeri dan Program Efesiensi Penggunaan Fasilitas, Sarana dan Prasarana Kerja PNS. Dalam Workshop tersebut beliau berharap peserta dapat menganalisa Struktur Organisasi yang ada untuk menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhan riil organisasi. Pesan beliau diakhir sambutannya kepada para hadirin agar tetap bekerja dengan bagus, baik dan jujur untuk perbaikan bangsa.

MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar saat memberikan sambutan dan pembukaan workshop

Wakil Kepala BKN, Bapak Drs. Eko Sutrisno, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran peserta workshop. Peserta workshop ini sebagai motor penggerak di Instansi kerja masing-masing dalam melakukan Anjab dan Analisa Beban Kerja (ABK). Laporan Anjab dan ABK yang dibuat dan disampaikan Instansi kepada MenPAN dan RB merupakan persyaratan untuk pengadaan PNS dan untuk perencanaan pegawai kedepan. Dalam sambutannya tersebut beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas hibah yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas Tanah yang digunakan BKN untuk mendirikan Kantor Regional VII BKN Palembang.

Bapak Drs. Eko Sutrisno, M.Si  saat memberikan sambutan

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Bapak H. Eddy Yusuf, SH, MM dalam acara Pembukaan Workshop ini menyampaikan tentang sudah makin terjaminnya hak-hak PNS termasuk pengembangan bagi PNS itu sendiri. PNS harus mengetahui posisinya yang harus netral dan menghindari politik praktis. PNS hendaknya bisa bekerja dengan baik jangan melakukan tindakan yang santai, keluar kantor tanpa ijin dan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan kode etik PNS saat jam kantor. Beliau berharap PNS tetap bersemangat karena PNS menentukan kemajuan negara. Disamping itu perlu dilakukan koordinasi yang baik antara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah agar PNS ditempatkan sesuai dengan kompetensi dan pendidikannya.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Bapak H. Eddy Yusuf, SH, MM saat memberikan sambutan

Diakhir acara Pembukaan Workshop ini dilakukan pemberian SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun secara simbolis oleh MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar kepada Perwakilan PNS Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang. Disamping itu diberikan pula Tunjangan Hari Tua dan Pensiun secara simbolis oleh Manajer PT TASPEN Cabang Palembang kepada Perwakilan PNS Kota Palembang.

MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar memberikan SK Kenaikan Pangkat dan Pensiun PNS secara simbolis

Penataaan dan Pemetaan Kebutuhan Pegawai ini adalah yang kedua, sebelumnya pernah dilakukan pada akhir bulan Desember 2011 untuk wilayah kerja Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi yang bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Regional VII BKN Palembang ini pula. Workshop yang diselenggarakan saat ini berlangsung selama 6 (enam hari) sampai dengan hari Rabu, 18 April 2012 yang diikuti oleh para pejabat dan staff instansi daerah Provinsi Bengkulu dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang membidangi kepegawaian.

Selepas Acara Pembukaan Workshop tersebut MenPAN dan RB, Azwar Abubakar melakukan peninjauan ke unit-unit kerja Kantor Regional VII BKN Palembang yang didampingi oleh para Pejabat BKN. Unit-unit kerja yang dikunjungi beliau adalah :

MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar saat meninjau ruang perekaman data Assessment Center Kanreg VII BKN Palembang yang didampingi Para Pejabat BKN

Assessment Center sebagai Pusat Penilaian Kompetensi PNS sudah berdiri dan beroperasi sejak tahun 2008. Instansi Daerah yang memanfaatkan Assessment Center di Kantor Regional VII BKN Palembang ini adalah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2009 hingga tahun 2011.

MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar saat melakukan uji coba langsung di ruang CAT yang di dampingi Bapak Pramono Widyo Utomo, SH

Computer Assisted Test (CAT) yang merupakan metode ujian dengan alat Bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian.

Gedung Arsip yang mengelola Tata Naskah Pegawai Negeri Sipil Se-Wilayah Kerja Kantor Regional VII BKN Palembang. Dalam pegelolaan Tata Naskah ini dilakukan dengan menggunakan program aplikasi Tatanaskah Elektronik, yaitu bentuk penyusunan dokumen data pegawai berupa berkas atau dikenal dengan naskah pegawai yang penyusunan, penyimpanan, dan pemanfaatanya dengan media komputer. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan efektivitas penyusunan, penyimpanan, dan pemanfaatan naskah / data pegawai. Selama ini secara fisik menggunakan media lemari tata naskah dalam penyimpanannya dan pencariannya masih manual. Dengan Tatanaskah Elektronik ini petugas tatanaskah dapat mengelola tata naskah dengan mudah baik penyusunan, penyimpanan dan pemanfaatannya. Hal tersebut dikarenakan Tatanaskah Elektronik menyediakan fasilitas informasi data, penyimpanan arsip/naskah dan daftar isi penyusunan tata naskah.

MenPAN dan RB, Bapak Ir. Azwar Abubakar saat meninjau Gedung Arsip yang didampingi Para Pejabat BKN

Kantor Regional VII BKN Palembang sejak tahun 2011 telah melakukan pelayanan kepegawaian sesuai sertifikat ISO 9001:2008 yang berhasil diperolehnya, sehingga kualitas pelayanan kepegawaian mulai dari persetujuan teknis Nota Pertimbangan Kenaikan Pangkat PNS dan penerbitan SK Pensiun PNS sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

TW. KR.7