Indonesian (ID)English (United Kingdom)

Agenda Kegiatan

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Palembang-Kanreg VII BKN, Penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu musuh utama bagi manusia, tak terkecuali PNS sebagai pelayan masyarakat dapat terjerumus ke dalam bahaya Penyalahgunaan Narkoba ini. Untuk itu Kantor Regional VII BKN Palembang dengan Nara Sumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba kepada seluruh pegawai Kantor Regional VII BKN palembang yang bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Regional VII BKN Palembang pada Hari Selasa, 19 Februari 2013.


Bapak Pramono Widyo Utomo, SH selaku Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang

menyampaikan sambutan dalam acara sosialisasi pencegahan penyalahguanan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional ProV. Sumsel


Bapak Pramono Widyo Utomo, SH selaku Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang dalam sambutannya menyampaikan mengenai tujuan acara sosialisasi ini, yaitu untuk memamahi bentuk-bentuk Penyalahgunaan Narkoba dan dampak buruknya. Dikalangan PNS, pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba, sudah dilakukan sejak diangkat sebagai CPNS, dimana salah satu persyaratan untuk diangkat sebagai CPNS harus melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba. Kedepannya, sewaktu-waktu juga akan dilakukan pengetesan urin, bagi seluruh pegawai dilingkungan Kantor Regional VII BKN Palembang. Sehingga diharapkan pegawai di Kantor Regional VII BKN Palembang terbebas dari dampak buruk penyalahgunaan Narkoba.


Ibu Ika Wahyu Hindaryati, narasumber dari BNN Prov. Sumsel menyampaikan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba


Ibu Ika Wahyu Hindaryati selaku kepala Bidang Pencegahan BNN Provinsi Sumatera Selatan menjelaskan tentang perlunya keterlibatan seluruh lapisan masyarakat termasuk PNS untuk memberantas Penyalahgunaan Narkoba. Masalah Narkoba ini bukan tugas BNN dan POLRI saja tetapi telah menjadi masalah bersama, yang tidak mungkin hanya ditangani oleh dua instansi tersebut. Seiring dengan visi BNN untuk mewujudkan Indonesia bebas narkoba 2015, maka berbagai upaya baik itu pencegahan maupun penindakan telah dilakukan oleh BNN, dan salah satu wujud dari upaya pencegahan adalah dengan melakukan sosialisasi seperti sekarang ini. Berdasarkan data yang ada, bahwa di Provinsi Sumatera Selatan ini terdapat 1,5 % dari total jumlah penduduk usia produktif yang menjadi pecandu Narkoba. Data ini hanya berasal dari laporan catatan kepolisian terhadap Penyalahguna Narkoba yang tertangkap basah dan dari rumah sakit yang menangani pasien ketergantungan Narkoba. Sehingga diperkirakan jumlahnya membengkak, karena data-data diluar itu, tidak terekam dengan baik. Hal ini tentu mengkhawatirkan bagi generasi penerus bangsa, karena jaringan mereka semakin cangggih dan terus up to date. Terdapat 4 (empat) permasalahan mendasar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah, Pertama masalah kemiskinan. Kedua masalah banyaknya penganggguran. Ketiga, besarnya kesenjangan ekonomi dan terakhir (Keempat) adalah lemahnya sanksi hukum. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh para bandar narkoba, dan menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar yang menggiurkan bagi bisnis narkoba. Betapa besarnya bisnis narkoba di Indonesia dan semakin menggurita, menjadi perhatian serius dari pemerintah, dan menempatkan penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba sebagai skala priorotas utama diatara kedua masalah lainnya, yakni korupsi dan terorisme.


Peserta Sosialisasi menyampaikan pertanyaan dalam sesi tanya jawab


Acara sosialisasi ini semakin hangat dengan adanya sesi-tanya jawab seputar Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Pada akhir acara ini dilakukan pemberian kenang-kenangan oleh Ibu Ika Wahyu Hindaryati selaku kepala Bidang Pencegahan BNN Provinsi Sumatera Selatan kepada Bapak Pramono Widyo Utomo, SH selaku Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang.

Suasana sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh BNN Prov. Sumsel


TW-KR.7 BKN