30
Mei

Early Warning System

Early Warning System (EWS) adalah suatu sistem peringatan/deteksi dini untuk melihat potensi pelanggaran Manajemen ASN di Instansi Pusat/Daerah, serta dapat diperoleh solusi terhadap permasalahan Kepegawaian tersebut.

Tujuan Sistem Peringatan Dini adalah tersedianya sistem informasi atau aplikasi yang dapat mengolah data-data dari berbagai sumber hingga menjadi informasi yang bernilai dan dapat dijadikan panduan bagi BKN dalam hal ini Kedeputian Bidang Wasdal untuk melakukan audit yang bersifat preventif. Disamping itu juga tersedianya datawarehouse hasil integrasi dari berbagai sumber database yang terkait dengan pengelolaan informasi kepegawaian, serta tersedianya sistem pelaporan sebagai media penyajian informasi eksklusif berupa tabulasi, grafik berbasis web dan dashboard, dan bentuk laporan lainnya.

Sasaran dan manfaat tersedianya Sistem Peringatan Dini mampu mengintegrasikan berbagai database informasi kepegawaian yang dikelola oleh BKN. Data Kepegawaian PNS yang berkaitan dengan manajemen pengawasan dan pengendalian kepegawaian dapat dikumpulkan dalam bentuk datawarehouse dan dipantau updating-nya secara realtime, sehingga fungsi pengawasan dan pengendalian kepegawaian di lingkungan BKN dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas dan fungsinya terutama dalam hal yang bersifat preventif. Pembinaan kedisiplinan PNS dapat terkelola lebih cepat dan efektif dan Informasi yang dihasilkan dapat menjadi bahan saran dan kebijakan NSPK terkait Manajemen ASN.