12
Jun

1996 Catar AIM-AKIP Ikuti TKD Berbasis CAT BKN

CAT BKN Fasilitasi Lahirnya Pemimpin Berkualitas

Jakarta-Humas BKN, Menggunakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) berbasis Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bertekad memperoleh Calon Taruna (Catar) berkualitas yang dipersiapkan guna menjadi calon pemimpin pada masa mendatang. Untuk itulah, untuk ketiga kalinya Kemenkumham memanfaatkan CAT BKN pada proses seleksi Catar Akademi Imigrasi (AIM) dan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP). Hal ini ditandaskan Kepala Biro Kepegawaian Arifin tatkala diwawancarai Biro Humas di gedung CAT BKN Pusat Jakarta, Rabu (10/6).

Lebih lanjut Arifin mengartikulasikan bahwa sistem CAT terbukti menjamin proses seleksi berlangsung secara independen, akuntabel, dan orisinal untuk mengukur kemampuan berbagai aspek intelegensi peserta. Dijelaskan bahwa seleksi Catar AIM dan AKIP ini diikuti oleh total 1996 peserta di BKN Pusat dan Kantor Regional (Kanreg) V BKN Jakarta pada Rabu-Jumat (10-12/5). Ada pun Formasi Catar AKIP sebanyak 65 orang, dan Catar AIM sebanyak 65 orang.

Arifin menegaskan bahwa para catar mengikuti proses seleksi yang ketat. Selain TKD, mereka menjalani Tes Kesamaptaan, Tes Kesehatan, Tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK), Ujian Tulis Psikotes, Wawancara Psikotes “Setiap tahapan seleksi penerimaan calon taruna AKIP dan AIM menggunakan sistem gugur,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Penyelenggaraan Seleksi Heri Susilowati mengutarakan bahwa hasil dari TKD tersebut dapat langsung diketahui seketika setelah peserta menyelesaikan 100 soal yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dalam kurun waktu 90 menit. Sementara, Kabid Pengelolaan  Sistem  Rekrutmen Endar  Setiawan menyatakan bahwa Passing Grade minimal yang harus dipenuhi oleh tiap peserta yakni TWK 70 poin, TIU 75 poin, dan TKP 126 poin, dengan nilai total minimal 271 poin. (Ester, Firman, Aman)