20
Jun

263 Pegawai BKN Ikuti Seleksi Jabatan Administrator dan Pengawas

Jakarta-Humas BKN, Dalam mendorong penerapan konsep sistem merit, BKN menyelenggarakan seleksi kompetensi terhadap 263 Pegawai BKN dalam seleksi pejabat Administrator dan Pengawas. Peserta seleksi terdiri dari 143 calon Pengawas dan 120 calon pejabat Administrator. Instrumen seleksi dilakukan melalui tes kompetensi berbasis computer assisted test (CAT) dan tes psikometri yang dilaksanakan Senin, (20/6) di Kantor Pusat BKN.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyampaikan sistem seleksi pejabat administrator dan pengawas selain bertujuan untuk menerapkan sistem merit seluas dan sedalam mungkin, juga ditujukan untuk mengetahui kapasitas apa yang perlu dikembangkan. “Kita perlu memetakan kapasitas sumber daya manusianya dan bagaimana mengembangkannya, apakah kapasitasnya sudah memadai untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Kepada seluruh peserta seleksi, Kepala BKN menjelaskan bahwa peserta calon pejabat Administrator dan Pengawas akan mengikuti berbagai simulasi yang dilakukan melalui instrumen tes kompetensi dan psikometri untuk menguji pengetahuan umum, pemahaman terhadap nawacita, dan penguasaan di bidang manajemen ASN.

“Hasil seleksi selain akan digunakan sebagai data calon pejabat Administrator dan Pengawas, di sisi lain juga digunakan untuk memetakan dan memilah potensi masing-masing peserta yang masuk ke dalam kuadran 1 (satu) hingga 4 (empat). Data pemetaan itu yang ingin kita miliki melalui proses seleksi yang akuntabel dan transparan, tanpa adanya unsur subjektifitas. Kita ingin benar-benar menjalankan sistem merit itu di lingkungan BKN terlebih dahulu sebelum kita mendorong untuk penerapan yang lebih meluas,” tegasnya. Des