04
Feb

4 Wujud Komitmen BKN sebagai Pilot Project Manajemen Kinerja PNS

Bandung – Humas BKN, Tindak lanjut pilot project manajemen kinerja PNS berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2020 digelar dalam rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi dan implikasinya terhadap manajemen kinerja pada Senin (03/02/2020) di Puteri Gunung Hotel – Lembang, Bandung. BKN sebagai salah satu instansi acuan dan menjadi contoh dalam penerapan manajemen kinerja PNS memaparkan 4 progress yang dijalankan BKN sebagai wujud komitmen BKN sebagai pilot project manajemen kinerja PNS.

Rakor penyederhanaan birokrasi dan implikasinya terhadap manajemen kinerja.

Terdapat dua agenda yang dibahas dalam rapat koordinasi ini, yaitu terkait pembahasan penyederhanaan birokrasi dan implikasinya terhadap manajemen kinerja berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 2019. Selain itu dibahas pula mengenai tindak lanjut perkembangan pilot project manajemen kinerja oleh masing-masing Instansi Pemerintah yang ditunjuk sebagai lokus (bagian) dari pilot project ini.

“Spirit kami fokus dalam mempercepat pelayanan pemerintah terhadap stakeholder (pemangku kepentingan) dan publik di bidang apapun, termasuk bidang kepegawaian,” ungkap Sekretaris Utama BKN

Spirit kami fokus dalam mempercepat pelayanan pemerintah terhadap stakeholder (pemangku kepentingan) dan publik di bidang apapun, termasuk bidang kepegawaian,” ungkap Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf dalam rapat. Empat wujud Komitmen BKN sebagai pilot project manajemen kinerja PNS antara lain: 1. Pembentukan lokus pilot project manajemen kinerja PNS di lingkungan kerja BKN yang diberlakukan secara bertahap; 2. Pembentukan Tim Fasilitator pilot project; 3. Penyiapan kelengkapan dokumen cascading kinerja organisasi ke kinerja individu, serta; 4. Mengeluarkan aturan pendukung.

Selain itu turut hadir sebagai peserta rapat antara lain: Sekretaris Utama BKN beserta jajarannya, Sekretaris Deputi Bidang SDM KemenPAN RB, Kepala Kantor Regional III BKN Bandung, Perwakilan instansi pusat dan instansi daerah pilot project manajemen kinerja PNS dan tim kerja optimalisasi kinerja ASN. Selanjutnya 7 instansi pusat yang ditunjuk sebagai pilot project manajemen kinerja antara lain: Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian PPN/Bappenas, KemenPAN RB, BKN dan LAN. Sementara untuk 10 instansi daerah antara lain: Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Sumatera Barat, Pemprov DIY, Pemkot Surabaya, Pemkab Sumedang, Pemkab Kutai Kartanegara, Pemkab Wajo, Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Banyuwangi. Komitmen dan kesiapan instansi untuk melakukan transfer of knowledge ke instansi lainnya menjadi dasar pemilihan lokus pilot project. nsp