30
Apr

Sebanyak 14 Kandidat JPT LPSK Jalani Uji Kompetensi di BKN

Jakarta-Humas BKN, Sebanyak 14 calon Pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Senin, (30/4/2018), mengikuti uji kompetensi melalui assessment center (AC) BKN di Kantor BKN Pusat BKN Jakarta.

Uji kompetensi diawali dengan tes psikometri menggunakan Computer Assisted Test (CAT BKN) yang dibuka oleh Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto. “JPT Pratama sebagai jabatan strategis di birokrasi membutuhkan pemegang jabatan yang berkompetensi, berkinerja dan memenuhi kualifikasi sesuai dengan jabatan yang akan diduduki. Metode AC yang diterapkan BKN dimaksudkan untuk mengukur kompetensi manajerial kandidat JPT,” imbuh Aris saat membuka kegiatan penilaian kompetensi JPT LPSK.

Aris saat membuka penilaian kompetensi JPT LPSK pagi ini. (foto: kis)

Aris juga menyampaikan bahwa seleksi JPT dengan metode AC yang diterapkan BKN masih menjadi metode yang paling akurat untuk menguji kesesuaian kompetensi, kinerja dan kualifikasi yang dibutuhkan pada masing-masing jabatan. “Instrumen pada metode AC terdiri dari berbagai komponen, mulai dari tes psikometri berbasis CAT, uji analisis kasus, presentasi, hingga wawancara yang keseluruhan mengukur kompetensi manajerial kandidat JPT,” tambahnya.

Keempat belas kandidat calon JPT mengikuti seleksi terbuka untuk jabatan Kepala Biro Administrasi; Kepala Biro Pemenuhan Hak Saksi dan Korban; dan Kepala Biro Penelaahan Permohonan di lingkungan LPSK. Rangkaian penilaian kompetensi JPT ini berlangsung dari Senin sampai Kamis (30 April – 3 Mei 2018). des