28
Nov

A-EXPECS, Platform Profesional PNS Bertukar Informasi Antarnegara ASEAN

Jakarta РHumas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai focal point Indonesia yang bekerja sama dengan ASEAN di bidang kepegawaian menggelar Rapat Koordinasi bertajuk “Diseminasi Pemanfaatan ASEAN Resource Center (ARC): ASEAN Pool of Experts on Civil Service (A EXPECS). Berlangsung di Kantor BKN Pusat Jakarta, Rabu (27/11/2019), Rapat Koordinasi yang berlangsung interaktif ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga yang ditunjuk sebagai admin/operator admin setiap instansi untuk A-EXPECS.

(foto: mia)

A-EXPECS merupakan pengembangan skema ASEAN Resource Center (ARC) yang telah digagas BKN sejak tahun 1985. Sistem yang dikembangkan oleh BKN ini memfasilitasi seluruh para ahli berstatus PNS dari berbagai Negara di ASEAN untuk dapat saling terhubung dan bertukar informasi. Tujuannya guna membangun kualitas SDM yang baik di kawasan ASEAN khususnya Indonesia. Konsep dari aplikasi ini adalah menyediakan data informasi para PNS di kawasan ASEAN yang memiliki keahlian di berbagai bidang sehingga saling terkoneksi tanpa batas karena dapat diakses dengan mudah.

Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf mengatakan dari sistem yang dikembangkan ini nantinya para PNS Indonesia dapat mengakses dan berkomunikasi dengan pegawai Pemerintah di negara ASEAN dan harapannya bisa saling bertukar informasi dan ilmu mengenai SDM. gita