01
Feb

AIPEG Dalami Peran BKN Dalam Manajemen Kepegawaian

Jakarta-Humas BKN, Delegasi dari Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG), Rabu (1/2/2017) melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta. Kunjungan yang dipimpin oleh Lead Adviser Institutional engagement Area AIPEG, Bryan Holford tersebut bertujuan mencari informasi tentang peran yang dimainkan BKN dalam manajemen kepegawaian di Indonesia.

Delegasi dari AIPEG, Rabu melakukan kunjungan ke Kantor Pusat BKN. (foto: mia)

Delegasi dari AIPEG, Rabu melakukan kunjungan ke Kantor Pusat BKN. (foto: mia)

Delegasi AIPEG diterima oleh sejumlah pejabat JPT BKN di antaranya Kepala Biro Humas, Mohammad Ridwan, Kepala Biro Perencanaan Agus Sutiadi, Kepala Bagian Hubungan Media dan Antarlembaga, Herman dan Kepala Bagian Kerja Sama Program dan Anggaran, Dewi Sartika. Pada kesempatan itu Kepala Biro Humas menjelaskan beberapa perbedaan tugas yang dimiliki oleh sejumlah kementerian/lembaga yang sama-sama mengelola Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB dan BKN). “Dalam bidang kepegawaian Kemenpan-RB memiliki kewenangan menetapkan kebijakan (policy) di bidang pendayagunaan ASN seperti kebijakan umum pembinaan profesi ASN. Sementara BKN memiliki sejumlah fungsi di antaranya selaku Pembina dan penyelenggara manajemen ASN”.

Di bagian lain, Kepala Biro Perencanaan menjelaskan tentang sejumlah program yang sedang dijalankan BKN seperti penghitungan program indeks profesionalitas ASN. Selain itu, dijelaskan pula bahwa selaku Pembina manajemen kepegawaian BKN saat ini sedang menyusun talent pool jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang berisi informasi kompetensi dan potensi para pejabat JPT Pratama dan kandidat pengisi JPT pratama (administrator). Hasil dari penilaian kompetensi dan potensi tersebut akan menjadi salah satu referensi penyusunan program pengembangan ASN (talent development program) yang salah satunya bertujuan menutup kesenjangan kompetensi ASN. dep