02
Mei

Ajukan Output Dulu, Baru Anggaran 2017 Menyesuaikan

Bandung-Humas BKN, pelaksanaan rapat kerja penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kemenerian dan Lembaga (RKAKL) BKN Tahun 2017 memang sedikit berbeda dari penyusunan RKAKL seperti tahun-tahun sebelumnya. Biasanya penyusunan dilaksanakan setelah diketahui berapa besaran pagu indikatif yang diterima oleh BKN dari pemerintah. Mengapa hal ini dirasa berbeda?

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan Agus Sutiaji, selaku Ketua Penyelenggara dalam menyampaikan laporannya, bahwa setelah dilakukan trilateral meeting antara BKN, Bappenas, dan Kementerian Keuangan beberapa waktu lalu, akan ada terobosan baru anggaran tidak diberitahu terlebih dahulu. Agar supaya unit-unit fokus pada output yang ingin dicapai, silahkan menyampaikan anggaran untuk melakukan inovasi-inovasi baru di lingkungan unit pusat maupun Kantor regional masing-masing.

Sekretaris Utama, Usman Gumanti berikan arahan. (foto: Dok. Renkal)

Sekretaris Utama, Usman Gumanti berikan arahan. (foto: Dok. Kanreg Bandung)

Hal ini juga ditegaskan oleh Sekretaris Utama Usman Gumanti yang memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Raker Penyusunan RKAKL Tahun 2017 pada hari Minggu, tanggal 1 Mei 2016 di Kota Bandung. Dalam arahannya disampaikan bahwa kita selalu menganggarkan untuk unsur money follow function, seharusnya money follow program/kegiatan. Pelaksanaan program itu dituangkan dalam kegiatan secara jelas. Tidak lagi mengganggarkan dengan bahasa-bahasa bersayap/multi tafsir harus dihilangkan. Contohnya berkoordinasi, sebaiknya dicantumkan dengan siapa berkoordinasi dan urusannya apa? dan sebagainya. Selain itu wajar tanpa pengecualian (WTP)  yang sudah sekian kali diraih oleh BKN, harus diikuti pula dengan administrasi yang baik, kegiatan yang tidak merugikan negara, pengelolaan barang milik negara (BMN) harus tertib administrasi. Lakukan pembenahan-pembenahan dan perbaikan dari hasil evaluasi tahun 2015 dan 2016 jangan sampai terulang kembali.

Salah satu unit saat memberikan paparan mengenai target Outputnya di rapat kerja penyusunan RKAL. (foto: Dok. Renkal)

Salah satu unit saat memberikan paparan mengenai target Outputnya di rapat kerja penyusunan RKAL. (foto: Dok. Kanreg Bandung)

Rencananya Raker Penyusunan ini berlangsung selama 4 hari ke depan mulai dari tanggal 1 sampai dengan 4 Mei 2016 dengan agenda salah satunya adalah setiap satuan kerja baik pusat maupun Kantor Regional mempresentasikan rencana program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2017, yang kemudian hasilnya akan diteruskan oleh Biro Perencanaan kepada pimpinan untuk mendapat skala prioritas. Adapun program-program kegiatan yang diprioritaskan adalah program-progam inovasi yang mengacu pada pelayanan kepegawaian, bersifat preventif, dan sarana prasarana yang bila tidak ada akan menghambat pelayanan. Ritarie