skip to Main Content

Amalkan Pancasila, Genoveva: Tuhan Berkati! Semangat!

Para peserta SKD CPNS 2021. Doc: ber

Kupang – Humas BKN, Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), salah satu aspek yang dinilai pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) adalah pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pada gelaran SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan Agung yang berlangsung di Kupang, sejak Sabtu (25/9/2021), kemarin, pantauan Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), salah satu peserta mengamalkan Pancasila dengan cara yang unik, yakni memanjatkan doa kepada Tuhan yang dituangkan melalui sebuah tulisan pada lembar coret yang disediakan panitia.

Saat dimintai keterangannya setelah selesai mengikuti tes, peserta bernama Genoveva Dian Roty mengatakan jika sejak kecil dirinya sudah hidup di lingkungan masyarakat yang religius. “Meskipun masyarakat di (provinsi) Nusa Tenggara Timur menganut banyak agama, namun sejak saya kecil, masyarakat selalu hidup berdampingan dengan damai. Bisa dibilang toleransi antar umat beragama di sini sangat tinggi,” ujar Genoveva, yang berasal dari Kabupaten Sikka.

Lebih lanjut, saat disinggung bahwa apa yang dilakukannya saat tes berlangsung merupakan pengamalan Pancasila, yang merupakan salah satu aspek penilaian TWK SKD CPNS, Genoveva mantap merespons jika sebagai warga negara Indonesia sudah sewajibnya kita menjunjung sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa. “Sebenernya saya tidak membaca dasar hukum SKD CPNS tentang pengamalan Pancasila. Namun, setiap melakukan kegiatan sekecil apapun, kami sangat percaya Tuhan. Mudah-mudahan itu menolong kami dalam tes ini,” pungkasnya.

Merespons hal itu di tempat terpisah, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama memberikan apresiasi kepada peserta yang sudah mengamalkan Pancasila bahkan jauh sebelum mengikuti SKD. “Karena sub TWK bertujuan untuk memotret karakter peserta dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, semoga yang terbaik akan terjaring menjadi CPNS. Lebih dari itu, harapannya apa yang dilakukan Genoveva di Kupang, juga dilakukan oleh banyak peserta lainnya di seluruh daerah di Indonesia,” tutupnya. ber

Back To Top