30
Agst

Arah Penyusunan RPJMN 2020 – 2024 : Wujudkan Tata Pemerintahan yang Baik, Bersih dan Berwibawa

Jakarta – Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana hadir sebagai narasumber pada acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Grand Design Pembangunan ASN 2020 – 2024, yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

“Seiring akan berakhirnya RPJMN 2015-2016, Pemerintah kini sedang menyiapkan penyusunan RPJMN 2020 – 2024 yang bertujuan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa yang berdasarkan hukum, serta birokrasi yang profesional dan netral,” ucap Bima, di hadapan peserta diskusi. Lebih lanjut, pada acara yang juga menghadirkan Walikota Tangerang Arief Rachdiono Wismansyah sebagai narasumber, Bima mengatakan, grand design pembangunan ASN 2020 – 2024 yang mengacu pada kebutuhan strategis pembangunan perlu segera ada demi mewujudkan cita-cita tadi. “Medianya tidak hanya FGD. Penyusunan strategi pembanguan ASN bisa melalui beberapa kegiatan lain, seperti studi literatur, kajian empirik dan konsultasi publik,” ujarnya.

Di saat yang sama, Walikota Tangerang Arief Rachdiono Wismansyah mengusulkan agar apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang saat ini, dapat dimasukkan pada aspek kebijakan manajemen ASN, yakni salah satunya ASN yang menduduki jabatan strategis perlu sering turun ke area kerjanya.
“Seorang ASN untuk dapat mengetahui kendala atau karakteristik bidang kerja suatu jabatan, ia tidak bisa hanya duduk di belakang meja. Itu kenapa, banyak Pejabat Jabatan Tinggi Pratama di Pemerintah Kota Tangerang turun langsung ke masyarakat karena setelah itu, barulah ia bisa menyusun rencana kerja yang bisa menjadi bagian dari solutif untuk mengatasi kendala di bidang kerjanya,” pungkas Arief. ber