18
Agst

Arsiparis Terampil BKN Masuk 10 Besar Arsiparis Teladan Nasional

“Jadilah agen perubahan dalam kearsipan demi menciptakan pengelolaan kearsipan lebih baik lagi untuk SDM unggul dan Indonesia maju,” ungkap Nisma.

Jakarta-Humas BKN, Salah satu Arsiparis Terampil Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nisma Dewi Praptani masuk dalam 10 besar terbaik ajang Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Nisma, pegawai di Kantor Regional X BKN Denpasar mengikuti ajang tersebut sejak 15 Agustus 2019 hingga puncak pemilihan pada 17 Agustus 2019 di Kantor Pusat ANRI, Jakarta Selatan.

Nisma yang dihubungi oleh tim Biro Humas BKN menjelaskan bahwa ia ditugaskan untuk mengikuti ajang tersebut oleh Biro Kepegawaian berdasarkan penilaian dari Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan presensi yang dimilikinya. Namun, Nisma mengaku bahwa dirinya tidak memiliki persiapan maksimal dan hanya mempelajari ilmu yang didapat pada saat mengikuti Diklat Arsip di ANRI serta pada saat kuliah. Ia juga memberikan beberapa tips pada Arsiparis lainnya yang berminat mengikuti ajang seperti ini dengan mempersiapkan mental, materi, percaya diri, dan berdoa. “Lebih belajar ke manajemen pengelolaan dan dasar-dasar kearsipan, selain itu dukungan dari pimpinan di lingkungan kerja sangat dibutuhkan para peserta,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nisma juga menyampaikan harapannya agar kearsipan di lingkungan BKN dapat menggunakan sistem terpadu atau terintegrasi yang menghubungkan BKN Pusat dan Kantor Regional serta membangun komitmen tentang kesadaran pentingnya arsip. Hal itu karena arsip merupakan memori kolektif yang harus dijaga dan dengan adanya kedua hal tersebut, pengelolaan kearsipan menjadi lebih mudah. “Jadilah agen perubahan dalam kearsipan demi menciptakan pengelolaan kearsipan lebih baik lagi untuk SDM unggul dan Indonesia maju,” ungkap Nisma.

Pada pemilihan Arsiparis Teladan Nasional tersebut, para peserta dinilai berdasarkan portofolio, aspek kognitif yang meliputi pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis, pembinaan kearsipan, juga pengolahan dan penyajian arsip menjadi informasi, serta aspek perilaku kerja. kaw