25
Nov

ASN Harus Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Manado-Humas BKN, Untuk menjalankan visi Presiden Indonesia tahun 2019-2024 serta core values dan employer branding ASN yang diluncurkan oleh Presiden pada 27 Juli 2021 lalu, maka ditetapkan core values ASN, yakni BerAKHLAK, yang bertumpu pada Pancasila. Menindaklanjuti hal itu, Kedeputian Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN menggelar Sosialiasi Core Values ASN Berakhlak dan Integritas & Moralitas dalam Pengembangan Karier PNS yang dilaksanakan secara offline dan online di Manado, Kamis (25/11/2021).

Dalam acara yang juga dihadiri Kepala Kantor Regional (Kanreg) XI BKN Dedi Herdi dan Direktur Wasdal II BKN Myrna Amir, Direktur Wasdal IV Yani Rosyani. Deputi Wasdal BKN Otok Kuswandaru mengungkapkan ASN baik di Pusat maupun di daerah dan dalam berbagai jabatan harus memiliki nilai dasar yang sama yaitu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Salah satu pembicara, Asdep Integritas dan Evaluasi Sistem Merit SDM Aparatur Kementerian PANRB Damayani Tyastianti mengatakan core values yang seragam bagi ASN diharapkan dapat menguatkan sinergisitas, koordinasi dan kolaborasi yang makin erat dalam rangka menghadirkan SDM yang berdaya saing global dan ASN yang profesional dan birokrasi bersih melayani.

Sementara itu pembicara yang lain, Pribadiyono dalam paparannya mengatakan pengembangan karier PNS dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas.”Integritas diukur dari beberapa aspek, di antaranya kejujuran, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, kemampuan bekerja sama dan juga pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara”. Sementara moralitas, lanjut Pribadiyono, diukur dari penerapan dan pengamalan nilai etika agama, budaya dan sosial kemasyarakatan. eva/dep