28
Mei

Audiensi BKN dengan DPRD Surakarta : CAT BKN Menebas Stigma Negatif Seleksi CPNS

Jakarta-Humas BKN, Selain untuk seleksi CPNS, Computer Assisted Test (CAT) Badan  Kepegawaian Negara(BKN) juga dimanfaatkan guna seleksi jabatan, kenaikan pangkat, penyesuaian ijazah, ujian dinas, sertakebutuhan kepegawaian lainnya. Dalam seleksi penerimaan CPNS tahun lalu, 387 instansi pemerintahpusat dan derah menggunakan  CAT BKN.  Terbukti, CAT BKN dapat dihandalkan dan menebas berbagaistigma negatif dalam proses seleksi CPNS. Hal ini disampaikan Kabag Hubungan Media dan PengaduanMasyarakat  Herman  yang  didampingi  Kabid  Pengelolaan  Sistem  Rekrutmen  Endar  Setiawan  tatkalaberaudensi dengan DPRD Surakarta di Ruang Rapat lantai 1 gedung I BKN Pusat Jakarta, Rabu (27/5).

Herman menuturkan  bahwa selama ini  berbagai  stigma negatif  muncul  dalam proses  seleksi  CPNS.Stigma ini  antara lain adalah untuk menjadi  CPNS,  seseorang pelamar CPNS harus  membayar uangdalam jumlah tertentu. “Stigma ini pudar begitu pemerintah mewajibkan pemanfaatan CAT dalam prosesseleksi CPNS,”ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Endar Setiawan mengungkapkan bahwa metode tes berbasis komputeratau yang lebih dikenal dengan CAT-BKN merupakan salah satu manifestasi UU No 5 tahun 2014 tentangAparatur Sipil Negara guna menciptakan CPNS yang professional, jujur, bertanggung jawab dan netral.“Kita paham bahwa hasil yang baik hanya dapat diperoleh melalui proses yang benar,“ tegasnya.

Diutarakan pula bahwa CAT merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) BKN yang mewujudkantransparansi  dan  obyektivitas  dalam  pelaksanaan  tes.  “Hal  ini  merupakan  kunci  Reformasi  Birokrasiuntuk menciptakan CPNS yang berkualitas dan mempunyai jiwa melayani,”ujarnya. (Aman)