22
Nov

Audiwan Memegang Peran Penting dalam Terapkan NSPK Manajemen ASN

Jakarta – Humas BKN, Direktorat Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menyelenggarakan acara Ngopi ( Ngobrol Implementasi NSPK Manajemen ASN ). Untuk seri kedua memiliki tajuk mengenai Pangkat dan Jabatan, yang diselenggarakan pada Senin (22/11/2021) secara luring dan daring yang dihadiri oleh pegawai Auditor Kepegawaian (Audiwan) Pusat dan Kantor Regional BKN di seluruh Indonesia.

Direktur Wasdal II, Myrna Amir saat membuka acara menyampaikan bahwa Audiwan memegang peran dalam mengawal instansi dalam menerapkan NSPK Manajemen ASN. Dalam audit, Audiwan diibaratkan sebagai laboratorian yang menganalisis, mencermati, membuat kesimpulan dan memberi rekomendasi. Oleh sebab itu, Audiwan harus memiliki pemahaman yang baik dalam manajemen ASN.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian, Otok Kuswandaru dalam arahannya mengatakan saat membahas masalah manajemen ASN, seorang pegawai harus dapat menanggalkan pangkat dan jabatan agar dapat optimal dalam melaksanakan pekerjaan termasuk memberikan pelayanan kepada publik. Selain itu, beliau juga berharap untuk ke depan CPNS BKN yang melamar Auditor Kepegawaian Ahli Pertama juga dapat berperan aktif dalam berdiskusi mengenai jabatan Audiwan. “Silakan berdiskusi bersama senior. Berbagi mengenai pengalaman mereka menangani penugasan yang berkaitan dengan penanganan berbagai kasus kepegawaian sesuai ketentuan NSPK yang berlaku”.

Di sisi lain, Myrna Amir menjelaskan Ngopi adalah ajang yang sangat penting untuk saling bertukar pikiran. Ngobrol santai seri kedua ini digelar oleh Direktorat Wasdal II yang juga menghadirkan narasumber  Analis Kepegawaian Madya (Koordinator) Kepangkatan dan Jabatan I, Agus Praptana. Dalam pernyataan penutupnya, beliau berharap acara ini menjadi bahan penyamaan persepsi bahwa Norma, Standar, Perilaku dan Kriteria (NSPK) merupakan suatu hal yang utama. dit