25
Agst

Babinrohis Korpri BKN menggelar kegiatan Gema Muharam 1443 H

Jakarta-Humas BKN, Badan Pembina Rohani Islam (Babinrohis) Korpri BKN menggelar kegiatan Gema Muharam 1443 H dengan tema “Memaknai Hijrah Sebagai Momentum Perubahan Mental Menghadapi Pandemi”, Selasa (24/8/2021). Acara yang diikuti para pegawai dari lingkup BKN Pusat dan Kantor Regional tersebut diselenggarakan secara daring dan luring dengan peserta terbatas di Masjid Al Khidmah BKN. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Haryono Dwi Putranto.

Dalam acara tersebut, disampaikan ceramah oleh Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan Perdaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia, Ustad Saiful Bahri dan dilanjutkan dengan kegiatan Santunan anak Yatim dan Duafa.
Dalam ceramahnya Ustad Saiful mengatakan momentum peristiwa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia memilik makna yang sama dengan makna hijrah. “Perjalanan hijrah Rasulullah SAW merupakan perjalanan yang cukup panjang, dengan mendapatkan banyak ancaman, dalam kondisi sulit, mendapatkan teror fisik dan psikis, mengalami intimidasi dan keterbatasan SDM”. Hijrah tersebut, sambung Ustad Saiful merupakan momentum perubahan karena di dalamnya terdapat peristiwa luar biasa yang melibatkan banyak sekali orang dan terutama orang-orang penting dalam pergerakan dakwah Islam. “Hijrah bukan hanya sekadar perpindahan fisik namun juga sebagai proses melepaskan jerat masa lalu dan berjuang merintis awal kembali. Sebagai agen hijrah dan agen perubahan kita harus memiliki _survival mentality_ agar dapat melanjutkan perjalanan hingga tujuan perubahan tercapai”. _*tya/dep*_