07
Feb

Belajar dari Pengalaman Tahun Lalu, SKD Kumham Tilok Medan Berjalan Lancar Tahun ini

Medan – Humas BKN, Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 sudah berjalan dengan lancar beberapa hari ini. Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Sismolo mengatakan bahwa penyelenggaraan seleksi cpns mandiri tahun ini dapat berjalan lebih baik, karena belajar dari pengalaman tahun sebelumnya. Pelaksanaan SKD untuk Kemenkumham, Titik Lokasi (Tilok) Medan dengan jumlah terbesar, yakni sebanyak 46375 peserta dan penyelenggaraan selama 10 hari dengan per sesi 1000 peserta dan jumlah Personal Computer (PC) tersedia 1000 dan 100 cadangan PC, mengingat kapasitas gedung hanya dapat menampung sebanyak 1000 peserta.

“Belajar dari pengalaman, tahun ini lebih terencana dan sistematis dengan mengkondisikan tahapan dari proses daftar hadir, pemberian tanda stempel pada tangan peserta yang berbeda pada setiap sesi, pemberian kertas buram dan pulpen, penyimpanan tas sampai pada tahap terakhir pemeriksaan fisik dan mendengar tutorial di ruang tunggu pada saat sebelum masuk ke ruang ujian semua berjalan lancar, tertata rapi dan apik, ” ungkap Sismolo saat berdialog dengan Kepala Hubungan Media BKN, Viktor Saing yang berada di lokasi pada Kamis, (07/02/2020).

Lebih lanjut Sismolo mengatakan bahwa petugas yang dipersiapkan di lapangan berjumlah 126 orang sesuai dengan tugas fungsinya masing – masing. Dari aspek kenyamanan telah dikondisikan juga police line untuk mencegah percaloan. Disamping itu panitia instansi juga mengkondisikan sarana prasarana perlengkapan kipas angin dan AC agar peserta merasa nyaman mengikuti ujian di ruang GOR Futsal Medan dengan kapasitas 5000 orang per sesi.

Di samping itu, Elin selaku Koordinator Tim CAT BKN Tilok Medan menuturkan bahwa peserta seleksi CPNS untuk formasi penjaga tahanan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berjalan tertib dan lancar pada setiap sesi dikarenakan adanya koordinasi yang bersinergi baik di internal panitia BKN juga dengan panitia instansi Kemenkumham. “Dari hasil pemantauan kami BKN Pusat pada sesi ke 4 (empat) ditemukan 2 (dua) peserta berpredikat passing grade tertinggi beda tipis sejumlah 395 oleh Chayratun Nisa dan Violika Insani Harahap sejumlah 396,” terangnya.

Elin juga mengatakan bahwa di tilok GOR Futsal Medan dipastikan tidak ada Joki yang bisa lolos seleksi CPNS, dikarenakan prosedur pemeriksaan sudah berjalan dengan ketat berdasarkan kerjasama yang solid dengan panitia Kemenkumham. Di sisi lain panitia seleksi BKN Pusat tetap semangat dan solid dalam bekerjasama sampai pada sesi terakhir, hal ini demi lancarnya pelaksanaan seleksi SKD ini dapat berjalan lancar dan kondusif.

Dari hasil wawancara kami dengan peserta terbaik di sesi ke 4 (empat), walau bukan menjadi peringkat yang tertinggi dari sesi sebelumnya dengan jumlah 425 akan tetapi terlihat dari raut wajahnya terharu mendapatkan nilai SKD sebesar 396. Ketika pada sesi foto terlihat peserta tersebut cerah dan ceria dengan bangga menunjukkan kartu pesertanya sebagai rasa syukur pastinya dengan persiapan belajar selama 2 (dua) bulan hasilnya tidak sia – sia dan moga – moga saja masuk pada tahap selanjutnya. vs/desi