10
Jun

Berperan Strategis, ASN Implementasikan Kebijakan Pemerintah

Jakarta-Humas BKN, Selain memperkuat kesatuan bangsa, Aparatur Sipil Negara (ASN) berperan strategis mengimplementasikan kebijakan pemerintah dengan konsisten. Hal ini penting mengingat apa pun kebijakan yang dibuat pemerintah hanya dapat berjalan optimal jika diimplementasikan dengan baik, termasuk kebijkan dalam bidang kepegawaian. Arahan ini disampaikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tatkala membuka Rakornas Kepegawaian yang diadakan Badan Kepegawaian Negara (BKN)  di Ruang Ballroom Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (10/6). Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddi Chrisnandi, dan  Ketua Komisioner ASN Sofian Effendi. Rakornas bertema Reformasi Birokrasi Menuju ASN yang Profesional dan Berdaya Saing Global ini diikuti Sekretaris daerah dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se-Indonesia, serta Sekretaris Jenderal  dari seluruh Kementerian/Lembaga di Indonesia.

Lebih lanjut Jusuf Kalla menjelaskan bahwa pada dewasa ini kemajuan suatu bangsa selalu dicapai dengan berbagai inovasi. Oleh sebab itu, tiap daerah perlu mempunyai inovasi-inovasi yang dikembangkan dengan optimal. Daerah maritim, misalnya, harus meningkatkan inovasi di bidang perikanan dan teknologi pendukungnya. Pada konteks ini, PNS berperan memfasilitasi dan melayani masyarakat, sehingga birokrasi dan pelayanan publik dapat berjalan dengan prima.

Pada kesempatan yang sama, Bima Haria Wibisana mengutarakan bahwa Rakornas Kepegawaian Tahun 2015 merupakan bukti sekaligus wujud komitmen bersama guna secara konsisten bersama-sama bergandengan tangan dalam membangun ASN ke depan yang lebih profesional dan berdaya saing global. Dengan demikian, terjalin koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi serta kerjasama yang harmonis antara BKN dengan Pejabat Pengelola Kepegawaian (PPK), baik di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Dalam Rakornas Kepegawaian ini, Jusuf Kalla menyerahkan BKN Awards kepada instansi pemerintah yang  berprestasi di bidang kepegawaian. BKN Awards adalah wujud semangat pengelola kepegawaian guna menyajikan excellent service (layanan prima) kepada masyarakat. Sejumlah kategori BKN Awards diperebutkan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten /Kota, termasuk untuk kategori Pengelola Kepegawaian Terbaik.

BKN Awards untuk kategori Pengelola Kepegawaian Terbaik bagi Kementerian/Lembaga diraih oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Hukum dan Hak  Asasi Manusia, dan Badan Intelijen Negara. Ada pun BKN Awards untuk kategori Pengelola Kepegawaian Terbaik bagi Pemerintah Provinsi didapat oleh Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. Sementara, BKN Awards untuk kategori Pengelola Kepegawaian Terbaik bagi Pemerintah Kabupaten/Kota  dicapai oleh Kabupaten Sleman, Wajo, dan Padang.

Sukses Rakornas Kepegawaian. Semangat BKN untuk Indonesia.  BKN, Semangat untuk Negeri..!  (Aman-Kis-Wika)