19
Nov

Bima Haria Wibisana: Inovasi Pelayanan Publik Dimulai dengan Senyuman

Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana (berbatik gelap) saat melakukan kunjungan kerja di wilayah kerja Kantor Regional VI BKN Medan, Selasa, (18/11).

Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana (berbatik hitam bergaris) saat melakukan kunjungan kerja di wilayah kerja Kantor Regional VI BKN Medan, Selasa, (18/11).

Medan-Humas BKN, Inovasi pada pelayanan publik tidak selalu harus dimulai dari hal-hal yang heboh atau sedang menjadi tren topik, tetapi dapat dimulai dari hal yang kecil, yakni senyuman. Demikian disampaikan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana pada Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri jajaran pegawai Kantor Regional (Kanreg) VI BKN Medan, di Ruang Rapat Kepala Kanreg VI BKN Medan. Bima Haria menghadiri Rakor tersebut di sela-sela kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah di Sumatera Utara Selasa (18/11/2014).

Lebih lanjut, Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa dengan senyuman kecil saja. Karena menurut Bima selain lebih ramah, dengan senyum itu akan menyehatkan dan mengalirkan enzim yang baik untuk tubuh. Bima mencotohkan bahwa senyuman seorang sedang menerima tamu pada acara pernikahan tentu akan membuat pegal bagi yang melakukan karena terkesan terpaksa. Maka senyum yang baik adalah yang bermula dari hati dengan tulus ikhlas. “Senyuman dari hati itulah yang dapat menimbulkan pelayanan yang baik,” ujar Bima.

Selanjutnya Bima menekankan bahwa kunci dari pelayanan yang maksimal ialah passion terhadap pekerjaan, tentunya dengan tetap konsisten terhadap visi BKN yakni profesional dan bermartabat. “Harus ada passion untuk memberikan pelayanan yang baik. Selain tetap menjaga visi BKN yang profesional dan bermartabat,” jelasnya. Sementara menurut Bima salah satu kiat untuk tetap profesional adalah dengan banyak membaca, dari berbagai sumber. “Salah satu cara untuk menjaga profesionalitas pegawai ialah dengan membaca. Membaca apa saja, melalui media cetak atau digital. Membaca juga merupakan akutualisasi diri,” tutup Bima. Pada kesempatan yang sama Kepala Kanreg VI BKN I Nyoman Arsa mengatakan bahwa seluruh jajarannya siap menerapkan standar pelayanan lebih baik. Berry/Subali