06
Feb

Biro Kepegawaian BKN Gelar Validasi Analisis Beban Kerja Jabatan Fungsional

Jakarta – Humas BKN, Seiring dengan telah diterbitkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) No. 26/2016 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional melalui penyesuaian (inpassing), Biro Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengambil langkah cepat salah satunya dengan menggelar rapat validasi analisis beban kerja jabatan fungsional, Jumat (3/2/2017), di ruang Mawar, Kantor Pusat BKN.

Dalam rapat tersebut Kepala Biro Kepegawaian BKN, Achmad Slamet Hidayat mengatakan hasil validasi akan digunakan sebagai dasar dalam penyusunan formasi pegawai dan sebagai referensi informasi tentang seberapa besar pendayagunaan pemangku jabatan fungsional pada unit organisasi.

“Hasil dari validasi (analisis beban kerja) akan digunakan untuk menyusun formasi kebutuhan pegawai. Apakah untuk mencapai target-target unit organisasi perlu menambah pegawai atau cukup dengan mengoptimalkan pegawai yang ada dan yang tak kalah penting jangan sampai setelah mengikuti proses inpassing pegawai kemudian disusahkan saat pengumpulan angka kredit,” ujar Achmad.

Achmad menambahkan, langkah-langkah yang akan dilakukan saat validasi analisis beban kerja jabatan fungsional meliputi inventarisasi butir-butir kegiatan ataupun tugas pokok yang dilaksanakan, inventarisasi nilai angka kredit, menghitung waktu penyelesaian butir kegiatan, dan waktu penyelesaian volume kerja. Berry/DEP